7 Rahasia The Beast, Mobil Presiden Joe Biden yang Perkasa

7 Rahasia The Beast, Mobil Presiden Joe Biden yang Perkasa

ADVERTISEMENT

7 Rahasia The Beast, Mobil Presiden Joe Biden yang Perkasa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 14 Nov 2022 17:20 WIB
Cars transporting U.S. President Joe Bidens convoy drives along a road after Biden arrived at Ngurah Rai International Airport ahead of the G20 Summit in Nusa Dua, Bali, Indonesia, Sunday, Nov. 13, 2022. Indonesia will host the 17th G20 Summit in Nusa Dua, Bali, Nov. 15-16. The heads of state from 19 countries and the European Union (EU) are scheduled to attend the summit. Other related events will occur from Nov. 10. Around 6,500 delegates are also expected to participate in the summit. The main meeting will take place at Apurva Kempinski, while other event venues include Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park in South Kuta, Ngurah Rai Mangrove Forest in Denpasar, and Hotel Sofitel Bali Nusa Dua. (Photo by Garry Lotulung/NurPhoto via Getty Images)
7 Rahasia The Beast, Mobil Joe Biden yang Perkasa. Foto: Garry Lotulung/NurPhoto/Getty Images
Jakarta -

Joe Biden, begitu pun presiden Amerika Serikat sebelumnya, menggunakan mobil Cadillac sebagai kendaraan resmi, sering dijuluki sebagai The Beast. Tentu banyak fiturnya dirahasiakan, tapi sebagian telah bocor. Berikut 7 faktanya, seperti dikutip detikINET dari Spyscape, Senin (14/11/2022):

1. Teknologi Senjata dan perlindungan

The Beast mirip-mirip mobil James Bond. Kabarnya, pegangan pintunya mengandung sengatan listrik 120 volt untuk menangkal penyerang. Selain itu, mobil ini bisa mengeluarkan semacam minyak untuk membuat kendaraan musuh tergelincir.

Senjatanya dan perlindungannya meliputi senapan, granat bertenaga roket, teknologi penglihatan malam, dan gas air mata semuanya dikatakan ada di dalamnya.

Beratnya antara 8 hingga 10 ton, bodi terbuat dari pelat baja, demikian pula lantainya, untuk melindungi dari ledakan bom. Jendela setebal 5 inci dapat menghentikan peluru 0,44 magnum. Interiornya dapat disegel jika terjadi serangan kimia dan ban The Beast dapat bertahan lama bahkan dalam kondisi rata. Cadillac One, nama lain The Beast, membutuhkan waktu 15 detik untuk mencapai 100 km per jam.

2. The Beast tidak hanya satu

The Beast tidak hanya satu buah, melainkan setidaknya ada dua unit dengan pelat yang sama. Kendaraan kedua ini juga berada di iring-iringan dengan tujuan agar penyerang bingung memastikan ada di kendaraan mana sang presiden berada.

Tentu saja The Beast tidak murah dengan segenap kemampuannya itu. Konon harganya sampai USD 1,5 juta, tapi General Motors selaku pembuatnya diestimasi menghabiskan belasan juta dolar untuk riset dan pengembangannya hingga dianggap sudah perkasa untuk melindungi presiden Amerika.

3. Ada kulkas penuh darah

The Beast membawa suplai darah, sesuai dengan golongan darah presiden, untuk antisipasi jika terjadi situasi darurat. Juga ada suplai oksigen yang langsung bisa dipakai jika terjadi sebuah serangan.

Kendaraan ini dirancang bisa menampung sampai 7 orang untuk membantu presiden dan mengamankannya. Staf lainnya, termasuk dokter militer, umumnya berada di kendaraan belakang yang mengikuti The Beast.

4. Teknologi Sistem komunikasi

The Beast dikatakan sangat kedap suara karena materialnya yang berlapis baja. Terdapat jaringan komunikasi khusus sehingga The Beast dapat dengan mudah berkomunikasi dengan kendaraan di belakangnya.

Selain itu, presiden Amerika Serikat dimungkinkan mengirimkan kode sebagai perintah untuk menembakkan senjata nuklir dari The Beast, tentu saja dalam keadaan sangat genting.

Halaman selanjutnya, jumlah iring-iringan>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT