Robot Catur Universitas Gunadarma Diklaim Tandingi Pecatur Manusia

Robot Catur Universitas Gunadarma Diklaim Tandingi Pecatur Manusia

ADVERTISEMENT

Robot Catur Universitas Gunadarma Diklaim Tandingi Pecatur Manusia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 07 Nov 2022 20:30 WIB
Universitas Gunadarma
Robot catur Universitas Gunadarma. Foto: Universitas Gunadarma
Jakarta -

Universitas Gunadarma bersama Kata Catur menyelenggarakan kejuaraan Catur Junior Nasional untuk kelompok umur U13 dan U17 di Kampus L Universitas Gunadarma pada tanggal 5 - 6 November 2022. Menariknya, ada robot catur yang disebut asli Indonesia turut dihadirkan.

"Tujuan utama dari kejuaraan ini untuk mencari bibit unggul pecatur yang diharapkan ke depan dapat menjuarai berbagai kejuaraan catur tingkat Internasional," kata ketua panitia penyelenggara, Fendi, dalam keterangan yang diterima detikINET, Senin (7/11/2022).

Kejuaraan Catur ini dibuka Wakil Rektor IV Universitas Gunadarma, Prof Dr Drs Didin Mukodim, MM. Nah, dihadirkan sebuah robot catur cerdas pertama di Indonesia yang diberi nama UG-Bogoljubov yang diresmikan pada tanggal 16 Oktober 2022 di UG-Technopark.

Bogoljubov (14 April 1889 - 18 Juni 1952) adalah seorang pecatur Rusia yang berhasil menjuarai berbagai turnamen dunia saat itu. Pengembang Robot UG-Bogoljubov adalah dosen dan mahasiswa Universitas Gunadarma.

Robot Catur Cerdas tersebut telah diuji bermain catur melawan beberapa pecatur ulung seperti GM Novendra Priasmoro. Pada saat kejuaraan tersebut berlangsung, UG-Bogoljubov telah banyak melawan peserta ataupun pelatihnya dan UG-Bogoljubov disebut berhasil memenangkannya.

Universitas GunadarmaUniversitas Gunadarma Foto: Universitas Gunadarma

Inovasi Sistem robot catur tersebut adalah menggunakan teknologi lengan robot yang dikendalikan otomatis oleh berbagai sensor untuk membaca langkah catur dan sistem pengamanan, serta algoritma kecerdasan buatan. Teknologinya diklaim dinamis dan adaptif mampu mencari solusi langkah-langkah buah catur agar dapat memenangkan pertandingan.

Inovasi pada Algoritma yang dikembangkan pada robot catur ini disebut dapat menyimpan dan mempelajari langkah buah catur lawan untuk menyusun langkah strategis sebagai upaya memenangkan pertandingan.



Simak Video "Melihat Gang Berlantai Keramik Bak 'Papan Catur' di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT