Demi Apa? Pria Ini Bikin Emulator Windows 95 Pakai Javascript

Demi Apa? Pria Ini Bikin Emulator Windows 95 Pakai Javascript

ADVERTISEMENT

Demi Apa? Pria Ini Bikin Emulator Windows 95 Pakai Javascript

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 22 Okt 2022 18:22 WIB
Aplikasi Windows 95
Foto: Dok. Felix Rieseberg
Jakarta -

Seorang programmer bernama Felix Rieseberg membuat aplikasi berbasis Javascript yang mengemulasikan Windows 95. Ya, OS Windows 95 berbentuk file kecil yang bisa dijalankan di berbagai platform.

Proyek ini pertama digarap Rieseberg pada 2018, dan baru-baru ini ia merilis versi terbarunya, yaitu Windows 95 v3.1.1. Aplikasi ini bisa berjalan di Windows, macOS, dan Linux, dengan berbagai versi sesuai hardware yang dipakai, misalnya 32 bit, 64 bit, dan juga Arm.

Hebatnya, program ini terbilang ringan dan ukurannya hanya ratusan MB, mulai dari 234MB sampai 313MB, tergantung platformnya, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Sabtu (21/10/2022).

Sat dipakai di macOS Monterey, Windows 95 ini bisa berjalan dengan baik, meski terkadang sistemnya berjalan dengan tak stabil.

Di dalamnya ada game klasik khas Microsoft, yaitu Minesweeper, Solitaire, Hearts, dan FreeCell, yang tersimpan di bagian Accessories di menu Start. Tentu aplikasi standar Windows pun ada, seperti MS Paint, Notepad, dan Calculator, yang tersimpan di folder yang sama.

Menariknya, pengguna bahkan bisa menginstal game pihak ketiga dan bisa berfungsi secara penuh, contohnya Doom.

Menu Network Neighborhood juga ada, namun sayangnya tidak bisa beroperasi dengan perangkat jaringan kekinian. Sayang memang, karena di dalam Windows 95 ini sudah ada Netscape Navigator sebagai browsernya.

Oh ya, ada juga berbagai software internet khas yang ada di dalam Windows 95, seperti AOL, AT&T, dan Prodigy. Anak zaman sekarang mungkin menyebutnya sebagai bloatware.

Menariknya, Rieseberg juga membuat emulator floppy disk atau disket. Pengguna bisa melakukan mounting disk image berekstensi img dan menjalankannya dari drive A: di My Computer.

Tentunya software ini mungkin lebih cocok digunakan untuk sekadar bernostalgia, bukan dipakai untuk bekerja karena fitur jaringan Windows 95 ini tak bisa dipakai. Alias tak bisa mengakses internet.

Tertarik menggunakannya? Rieseberg menyediakan Windows 95 ini di laman GitHub dan bisa diunduh secara gratis.



Simak Video "Rencana Microsoft PHK 10 Ribu Karyawan Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT