Psst, Jangan Pakai 10 Emoji Ini Kalau Tidak Ingin Kelihatan Tua

Psst, Jangan Pakai 10 Emoji Ini Kalau Tidak Ingin Kelihatan Tua

ADVERTISEMENT

Psst, Jangan Pakai 10 Emoji Ini Kalau Tidak Ingin Kelihatan Tua

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 15 Okt 2022 20:00 WIB
Emoji terpopuler tahun 2021
Psst, Jangan Pakai 10 Emoji Ini Kalau Tidak Ingin Kelihatan Tua Foto: dok. Unicode Consortium
Jakarta -

Pakai emoji untuk mewakili pikiran dan perasaan kita sudah menjadi menjadi hal yang wajar. Tapi menurut sebuah survei, ada beberapa emoji yang jika dipakai membuat seseorang terlihat tua di mata Gen Z.

Survei yang dilakukan Perspectus Group terhadap 2.000 orang menemukan pengguna internet berusia 16-29 tahun merasa orang yang mengirimkan emoji thumbs up 👍 dan emoji hati berwarna merah adalah orang tua yang tidak keren.

"Mereka yang masih menggunakan emoji thumbs up dalam SMS dan pesan secara resmi sudah tua, karena terpilih sebagai emoji paling tidak keren oleh orang-orang berusia 16-29 tahun," kata juru bicara Perspectus Group, seperti dikutip dari 7News, Sabtu (15/10/2022).

"Mengirimkan (emoji) hati berwarna merah, 'tangan OK' atau 'wajah menangis' juga sangat kuno dan merupakan sesuatu yang tidak akan pernah dilakukan oleh anak muda," sambungnya.

Selain emoji thumbs up dan emoji hati, Perspectus Group juga mengungkap daftar 10 emoji yang dianggap tidak keren oleh Gen Z yaitu:

  • Thumbs up 👍
  • Hati berwarna merah ❤️
  • Tangan membentuk gestur OK👌
  • Tanda centang ✔
  • Poo 💩
  • Wajah menangis 😭
  • Monyet see-no-evil 🙈
  • Tepuk tangan 👏
  • Cium 💋
  • Wajah meringis 😬

Menurut beberapa postingan di Reddit dan media sosial, Gen Z menganggap emoji thumbs up menunjukkan sikap pasif-agresif dan kasar, baik itu di lingkup profesional atau pribadi.

Tapi sebagian netizen lainnya merasa emoji thumbs up sangat berguna karena dianggap efisien untuk menunjukkan bahwa mereka setuju atau mengerti isi pesan yang diterima.

Selain itu Gen Z juga sekarang lebih kreatif dalam menggunakan emoji. Jadi banyak Gen Z yang memilih menggunakan emoji tengkorak untuk mewakili tertawa, ketimbang menggunakan emoji tertawa langsung.

Kebiasaan ini juga terlihat lewat survei yang dilakukan Adobe terkait penggunaan emoji di Amerika Serikat. Mereka menemukan orang yang lebih tua cenderung menggunakan emoji secara 'harfiah' ketimbang anak muda yang menggunakannya dengan cara lebih kreatif.



Simak Video "Ini Asal-usul dan Arti Emoji Kepala Batu "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT