Sosok Daniel, TikToker yang Videonya Bikin Bos Apple Dipecat

Sosok Daniel, TikToker yang Videonya Bikin Bos Apple Dipecat

ADVERTISEMENT

Sosok Daniel, TikToker yang Videonya Bikin Bos Apple Dipecat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 30 Sep 2022 18:30 WIB
Daniel Mac
Sosok Daniel Mac, TikToker yang Videonya Bikin Petinggi Apple Dipecat Foto: Instagram/Daniel Mac
Jakarta -

Kreator TikTok Daniel Mac sedang jadi sorotan. Pasalnya, video yang ia unggah pada 5 September lalu berujung pada pemecatan Vice President of Procurement Apple Tony Blevins.

Daniel Mac, yang memiliki nama lengkap Daniel MacDonald, merupakan kreator yang popular di TikTok berkat kontennya yang menampilkan mobil-mobil mewah. Dalam video-videonya yang sudah ditonton jutaan kali, Mac sering menjumpai selebriti dan orang ternama, dan kemudian ia bertanya apa pekerjaan mereka.

Hanya satu tahun setelah bergabung dengan TikTok, Mac langsung memiliki lebih dari 12,4 juta followers. Saat ini Mac sudah memiliki 13,2 juta followers dan lebih dari 266,8 juta likes.

Selain TikTok, Mac juga memiliki banyak audiens di YouTube dan Instagram. Saat ini channel YouTube-nya memiliki 1,99 juta subscribers, sedangkan akun Instagram-nya diikuti oleh 1,8 juta followers.

Berkat popularitasnya dan format kontennya yang unik, Mac jadi sering diundang untuk mengikuti event-event kelas atas. Misalnya, saat peluncuran pesawat luar angkasa SpaceShipTwo milik Virgin Galactic, Mac ikut hadir dan membuat konten bersama CEO Virgin Galactic Richard Branson, seperti dikutip dari Variety, Jumat (30/9/2022).

Mac juga pernah membuat konten bersama Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang sedang mengendarai mobil listrik Cadillac Lyriq. Video TikTok berdurasi 30 detik itu sudah ditonton 20,8 juta kali dan mendapatkan 2,8 juta likes.

@itsdanielmac What Joe Biden Does For A Living 🇺🇸#joebiden #president #cadillac #cars ♬ original sound - DANIEL MAC

Tapi bukan video Joe Biden itu yang membuat Mac terseret arus kontroversi. Videonya bersama Vice President of Procurement Apple Tony Blevins membuat eksekutif yang sudah 22 tahun bekerja di Apple itu dipecat.

Dalam video tersebut, Blevins terlihat sedang keluar dari mobil sport Mercedes-Benz. Mac kemudian bertanya kepada Blevins apa pekerjaannya sampai bisa memiliki mobil mewah seperti itu.

"Saya balapan mobil dan bermain golf dan meraba perempuan berdada besar. Tapi saya libur saat akhir pekan dan hari besar," jawab Blevins di video tersebut, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (30/9/2022).

Video TikTok itu saat ini sudah ditonton 1,4 juta kali dan mendapatkan lebih dari 142 ribu likes. Setelah video itu viral, Apple langsung membuka investigasi internal yang berujung pada dicabutnya posisi Blevins sebagai pemimpin timnya. Juru bicara Apple kemudian mengonfirmasi bahwa Blevins tidak lagi bekerja di Apple.



(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT