Kenapa Ramalan Nostradamus Bisa Akurat? Ini Rahasianya

Kenapa Ramalan Nostradamus Bisa Akurat? Ini Rahasianya

ADVERTISEMENT

Kenapa Ramalan Nostradamus Bisa Akurat? Ini Rahasianya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 28 Sep 2022 19:20 WIB
Nostradamus
Kenapa Ramalan Nostradamus Sangat Akurat? Ini Rahasianya. Foto: Live Science
Jakarta -

Nama Nostradamus memang legendaris dan disebut-sebut banyak ramalannya menjadi kenyataan. Apa benar dia memang bisa meramal dengan begitu akurat?

Berbagai peristiwa besar dunia semacam teror 11 September, kemunculan Adolf Hitler, revolusi Perancis sampai perang dunia, konon tepat diramal oleh Nostradamus. Akan tetapi sebenarnya, sosok asal Perancis ini tak pernah secara gamblang meramal.

Bukunya yang berjudul Les Propheties, terbit pada 1555 yang berisi semacam puisi, dianggap sebagai ramalan masa depan. Karena berupa puisi, tentu karya Nostradamus itu bisa diartikan macam-macam. Mereka yang skeptis dan dari kalangan sains bilang jikalau pun terjadi, hanyalah kebetulan atau ada penjelasan lain.

"Nostradamus menulis dalam bahasa Perancis tengah, menggunakan kata yang samar, metafora dan referensi usang. Ada lusinan terjemahan dari bukunya, dengan banyak variasi. Variasi luas interpretasi ini membuat ramalannya terwujud, karena jika satu terjemahan tidak mendukung suatu bukti sejarah, bukti lainnya bisa cocok," tulis Live Science yang dikutip detikINET.

Seringkali mereka yang meneliti Nostradamus tidak sepakat apa yang sebenarnya ingin dikatakannya. Peter Lemesurier selaku penulis Nostradamus, Bibliomancer: The Man, the Myth, the Truth menyatakan Nostradamus hanyalah sosok yang percaya bahwa sejarah akan berulang, sehingga memproyeksikan peristiwa masa silam ke masa depan.

"Beberapa yang menulis tentang ramalannya tidak pernah melihat teks aslinya. Maka ramalan semacam itu dicocokkannya ke event tertentu atau bahkan mengubah kejadiannya sendiri agar cocok dengan kata-katanya," cetusnya.

Di sisi lain, jika Nostradamus misalnya akurat meramal Perang Dunia II, tentu orang sudah tahu kejadian itu akan muncul jauh sebelumnya. Tapi biasanya kejadiannya muncul, baru kata-kata Nostradamus dicocokkan.

"Tapi akurat ataupun tidak, bagi seorang pria yang hidup ratusan tahun silam, karya Nostradamus tidak ada tanda-tanda turun popularitasnya," tulis Live Science.



Simak Video "Jago Aja Tak Cukup! Ini yang Diperlukan untuk Menjadi Atlet Esport"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT