Nggak Perlu Takut, Ini 4 Manfaat Teknologi Pengenal Wajah

ADVERTISEMENT

Nggak Perlu Takut, Ini 4 Manfaat Teknologi Pengenal Wajah

Erika Dyah - detikInet
Selasa, 06 Sep 2022 12:11 WIB
DANA
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Kehadiran teknologi yang kian maju tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Pasalnya, hampir semua kegiatan manusia saat ini tidak terlepas dari penggunaan teknologi, misalnya teknologi pengenal wajah (face recognition) yang digunakan di berbagai tempat, bahkan di smartphone milikmu.

Meskipun begitu, kehadiran teknologi tidak selalu disambut positif oleh masyarakat. Dalam penggunaan teknologi pengenal wajah misalnya. Masih banyak disinformasi yang kerap membuat masyarakat 'takut' untuk menggunakannya. Mulai dari keakuratannya yang diragukan dalam mengidentifikasi wajah, kekhawatiran akan masalah privasi, hingga risiko penyalahgunaan data yang mungkin mengintai.

Kendati demikian, teknologi ini secara massif digunakan di berbagai industri bukan tanpa alasan. Ada banyak manfaat teknologi pengenal wajah, di antaranya 4 poin yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Mempermudah untuk Mengungkap Suatu Kejahatan

Teknologi yang satu ini kerap diandalkan oleh para penegak hukum untuk mengidentifikasi penjahat atau menemukan orang hilang yang berkaitan dengan suatu kasus kejahatan. Biasanya, lembaga terkait akan membandingkan wajah yang tertangkap kamera dengan wajah yang ada dalam daftar pantauan.

Mengutip Forbes, di New York, polisi dapat menangkap seorang terduga pemerkosa hanya dalam waktu 24 jam setelah insiden berlangsung berkat bantuan teknologi pengenal wajah. Pelaku tertangkap dengan cepat karena para pemilik bisnis di sana memasang sistem pengenalan wajah untuk mengawasi orang atau mengidentifikasi subjek yang datang ke suatu tempat, lalu data inilah yang digunakan oleh polisi untuk mengungkap kasus kejahatan.

2. Mampu Menghindari Kontak Langsung dengan Manusia

Berbeda dengan sidik jari, kamu bisa melakukan identifikasi atau verifikasi dengan cepat tanpa kontak saat menggunakan teknologi pengenal wajah, sehingga mampu mengurangi kontak langsung dengan manusia.

Teknologi ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai penggunaan, misalnya untuk membuka kunci pintu yang terhubung smart lock system atau membuka smartphone tanpa kontak PIN atau sidik jari.

3. Mengurangi Risiko Dunia Penerbangan

Berbagai bandara menggunakan teknologi pengenal wajah untuk meminimalkan risiko serta meningkatkan keamanan dunia penerbangan. Biasanya, teknologi ini digunakan pada pos pemeriksaan keamanan untuk mengidentifikasi para pelancong terutama di wilayah perbatasan.

Selain mengidentifikasi para pelancong, teknologi ini juga dinilai dapat mencegah kejahatan. Pasalnya, ketika orang tahu sedang diawasi oleh kamera pengenal wajah mereka akan cenderung takut untuk melakukan tindak kejahatan tertentu.

4. Meningkatkan Keamanan Bertransaksi

Tak hanya dapat dimanfaatkan oleh berbagai industri, teknologi pengenal wajah juga bisa dimanfaatkan oleh individu dalam kegiatan transaksi keuangan. Sebab teknologi ini dapat memfasilitasi pembayaran dengan lebih nyaman dan aman.

Teknologi Face Recognition dapat digunakan untuk memverifikasi identitas selama proses pembayaran. Terutama pada penggunaan mobile banking atau digital payment lainnya. Dengan hadirnya teknologi ini, kamu bisa memastikan akun perbankan atau fintech yang dimiliki hanya bisa diakses oleh kamu sendiri.

Teknologi ini bisa kamu temukan pada dompet digital DANA lho. Melalui teknologi Face Verification di DANA yang disebut DANA Viz, setiap pengguna dapat merasakan kenyamanan dan ketenangan saat bertransaksi dengan DANA.

DANAFoto: Dok. DANA

Menariknya, DANA gak cuma melindungi penggunanya dengan teknologi tersebut saja. DANA juga memiliki sistem proteksi lainnya seperti PIN DANA dan Kode OTP yang pastinya bisa membuat transaksimu makin aman.

Nah, kalau pun terjadi sesuatu saat kamu bertransaksi di DANA, kamu bisa melaporkan kendala tersebut langsung lewat fitur Pusat Resolusi di DANA. Yang bikin tenangnya lagi, di fitur ini kamu juga bisa mengecek progress dari penyelesain kendala tersebut jadinya makin ada kepastian.

Pengguna DANA pun juga bisa semakin Bebas Cemas karena di DANA ada Garansi 100% Uang Kembali, sesuai syarat & ketentuan yang berlaku. Jadi jika kamu pakai DANA, kamu gak perlu takut lagi uangmu hilang saat bertransaksi.

Yuk, download & pakai DANA sekarang biar hidup #BebasDrama!

(akd/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT