Punya Password yang Sulit Ditebak Itu Penting, Begini Tipsnya!

Punya Password yang Sulit Ditebak Itu Penting, Begini Tipsnya!

ADVERTISEMENT

Punya Password yang Sulit Ditebak Itu Penting, Begini Tipsnya!

Dea Duta Aulia - detikInet
Rabu, 24 Agu 2022 13:57 WIB
Dompet Digital DANA
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat ini perkembangan teknologi terus tumbuh kian pesat. Meskipun menghadirkan banyak manfaat, namun perkembangan teknologi yang kian pesat turut diimbangi ancaman yang cukup serius.

Agar terhindar dari aksi negatif yang kerap terjadi di ranah digital, maka setiap akun harus dilengkapi dengan password dan pin. Sayangnya, membuat password dan pin yang ideal tidaklah mudah.

Jika kamu membuat password yang simple dan mudah ditebak, hal ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pastikan kamu bisa membuat password yang sulit ditebak agar selalu aman. Yuk, cek tips membuat password yang sulit ditebak di bawah ini!

1. Jangan Membuat Password dengan Angka Berurutan

Membuat password dengan angka atau huruf berurutan sangat tidak disarankan. Pasalnya pola tersebut akan dengan mudah untuk dibaca.

Adapun pola yang harus dihindari yakni password seperti 12345, qwerty, asdf, dan sejenisnya. Jika kamu menggunakan password dengan pola seperti itu, sebaiknya segera ganti dengan yang lebih aman.

2. Hindari Menggunakan Tanggal Lahir

Sama hal dengan angka berurutan, password yang mencantumkan tanggal lahir juga rawan terserang aksi kejahatan. Bahkan, di sejumlah platform menolak kalau para penggunanya menggunakan password dengan pola tanggal lahir.

Ada sejumlah alasan yang menyebabkan password dengan tanggal lahir sangat tidak disarankan. Sebab, untuk mengetahui tanggal lahir seseorang tidak terlalu sulit sebagai contoh bisa dilihat dari kartu identitas hingga biodata di media sosial.

3. Jangan Gunakan Satu Kata Sandi

Banyaknya platform membuat tidak sedikit orang enggan memikirkan sejumlah kata sandi yang ideal. Bahkan banyak kasus, satu kata sandi digunakan untuk berbagai platform.

Pola tersebut sebaiknya dihindari. Sebab, kalau hanya memiliki satu kata sandi di satu platform, dampaknya jika password sudah diketahui orang lain maka bisa mengancam platform lainnya yang kamu miliki. Imbasnya kerugian akibat peretasan yang kerap terjadi di jagat digital semakin besar.

Paling tidak, usahakan kamu memiliki minimal 3 password berbeda. Sehingga, akun platform digital kamu bisa lebih terlindungi.

4. Gunakan Kombinasi Angka, Huruf, dan Simbol

Pola password seperti ini tergolong aman. Bahkan, sejumlah platform digital ternama sangat menyarankan untuk menggunakan password dengan pola angka, huruf, dan simbol.

Adapun contoh password yang mengadopsi pola tersebut seperti, budi564!, bosasik666#, dan lainnya.

Jadi mulai sekarang, pastikan kamu memiliki password yang tidak mudah ditebak agar selalu aman di dunia digital. Selain itu untuk masalah transaksi, pastikan juga kamu menggunakan platform yang bisa selalu jaga keamanan transaksimu, seperti DANA.

Dompet Digital DANAFoto: Dok. DANA

Dompet digital DANA sangat memperhatikan keamanan para penggunanya. Gimana nggak, setiap transaksimu di DANA akan dilindungi DANA Protection yang memiliki keamanan berlapis PIN DANA, Kode OTP dan DANA Viz (fitur untuk Verifikasi Wajah), yang mampu menjaga transaksi penggunanya dari berbagai ancaman yang kerap hadir di ranah digital.

Kalau transaksimu sudah aman & memiliki password yang sulit ditebak, pastinya kamu bisa lebih Bebas Cemas & hidup pun jadi makin #BebasDrama.

Untuk itu, yuk download dan gunakan DANA sekarang!

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT