Para Menteri Digital G20 Raih 3 Kesepakatan di Bali

Para Menteri Digital G20 Raih 3 Kesepakatan di Bali

ADVERTISEMENT

Para Menteri Digital G20 Raih 3 Kesepakatan di Bali

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 02 Sep 2022 12:30 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Para Menteri Digital G20 Raih 3 Kesepakatan di Bali (Foto: Fino/detikinet)
Bali -

Pertemuan para menteri bidang ekonomi digital atau Digital Economy Ministers Group (DEMM) G20 dan delegasi undangan resmi berakhir dan menghasilkan kesepakatan penting. Menkominfo Johnny G Plate pun menyampaikan kesimpulannya sekaligus menyatakan para delegasi merasa puas dan punya kenangan indah.

Johnny menyebutkan bahwa rangkaian Digital Economy Group (DEWG) yang digelar dalam 6 bulan terakhir yang bertempat di Lombok, Yogyakarta, Labuan Bajo dan berakhir di Bali, telah sukses dan hasilnya akan disampaikan kepada Presiden Jokowi.

"Penyelenggaraan DEWG menjadi kenangan tersendiri dan menyentuh, keindahan alam dan keramahan Indonesia pada 4 kali rapat, menjadi kenangan yang indah dan testimoni positif, delegasi sangat menikmati rangkaian kegiatan DEWG mulai Lombok, Yogya, Labuan Bajo, sampai Bali," kata Menkominfo dalam konferensi pers, Kamis (1/9/2022), malam.

DEMM sendiri menjadi puncak pertemuan DEWG yang membahas isu-isu prioritas dalam bidang ekonomi digital pada presidensi G20 Indonesia. Pertemuan ini dihadiri 9 menteri atau wakil menteri dan 10 pejabat tinggi anggota G20, serta 5 menteri atau wakil menteri non negara G20 yang diundang.

Ada 3 isu prioritas yang dibahas dan telah mencapai kesepakatan-kesepakatan untuk tindak lanjutnya, di mana yang pertama adalah konektivitas digital dan pemulihan pasca pandemi COVID-19. Isu itu berfokus pada pengembangan konektivitas digital yang berpusat pada manusia.

Kemudian isu prioritas kedua ialah literasi digital dan keterampilan digital. Anggota G20 tengah merumuskan G20 toolkit untuk mengukur literasi digital dan keterampilan digital. Terakhir atau yang ketiga yakni arus data lintas batas negara.

"Melalui pertemuan itu, perwakilan G20 menyampaikan pandangan mereka dan bertukar gagasan serta ide, disimpulkan dalam G20 Digital Economy Minister Meeting 2022 Chairs Summary, yang telah dibacakan beberapa saat yang lalu," kata Menkominfo.

"Dokumen keluaran DEWG terbagi dalam dua bagian, mencakup kesepakatan substansif antara para menteri digital di 3 isu prioritas serta rangkuman dinamika pembahasan dalam menyikapi tantangan global," tambah dia.

Ia menambahkan bahwa perhelatan ini berikut kesepakatan yang dihasilkan membanggakan bagi Indonesia dan Menkominfo meyakini takkan berhenti di sini. "Akan terus bergema di dunia, tidak hanya di G20 namun juga sisa dunia," sebut Menkominfo.



Simak Video "DEWG G20 Bahas Isu Konektivitas dan Pemulihan Pascapandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT