WhatsApp Mulai Jadi Aplikasi Super di India

ADVERTISEMENT

WhatsApp Mulai Jadi Aplikasi Super di India

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 30 Agu 2022 13:15 WIB
WhatsApp Jiomart
Foto: Dok. Meta
Jakarta -

Jika di Indonesia, dan banyak negara lain, WhatsApp hanya berfungsi sebagai aplikasi pengiriman pesan, di India aplikasi milik Meta ini sudah menjadi super app, atau aplikasi super.

Super app adalah istilah yang digunakan untuk menyebut aplikasi dengan bermacam layanan, seperti pembayaran, pemrosesan transaksi finansial, dan lain sebagainya. Nah, di India, kini pengguna bisa memanfaatkan WhatsApp untuk berbelanja online.

Meta baru mengumumkan integrasi WhatsApp dengan JioMart di India, di mana pengguna bisa mengirim pesan "Hi" ke sejumlah nomor tertentu untuk mengaktifkan mode berbelanja dalam aplikasi.

Menariknya, tampilan antarmuka dan pengalaman berbelanja yang ditawarkan ini mirip dengan yang ditawarkan Instacart dan berbagai marketplace lain hasil pengembangan selama bertahun-tahun.

Menurut Meta, integrasi semacam ini akan menjadi bagian besar dari cara WhatsApp untuk menghasilkan uang, selain tentunya, iklan, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (30/8/2022).

"Bisnis pengiriman pesan akan menjadi area dengan momentum nyata dan pengalaman berbasis percakapan seperti ini akan menjadi pilihan orang dan pebisnis untuk berkomunikasi dalam beberapa tahun ke depan," jelas CEO Meta Mark Zuckerberg, dalam postingannya di Facebook.

Integrasi WhatsApp dengan JioMart ini terdiri dari sebagian percakapan, sebagian browser di dalam aplikasi, namun semuanya dilakukan dari dalam WhatsApp tanpa perlu membuka aplikasi lain.

Mungkin yang diinginkan Meta adalah menyulap WhatsApp menjadi semacam WeChat, yang menjadi aplikasi super untuk warga China. Pengguna WeChat bisa membayar biasa sewa rumah, membeli tiket konser, membeli dan membayar pesanan makanan, dan lain sebagainya.

Platform yang bisa mendukung berbagai hal seperti WeChat itu akan sangat menguntungkan bagi pembuatnya, karena berbagai aspek yang didukung itu bisa "dijual" untuk iklan.

Sejauh ini belum ada platform yang bisa menyaingi dominasi WeChat, namun dengan jumlah pengguna lebih dari dua miliar, WhatsApp mungkin jadi aplikasi yang punya kesempatan paling besar untuk menjadi pesaingnya. Aplikasinya pun gratis, tidak memakan banyak kuota data, dan tidak memakan banyak sumber daya di ponsel, alias bisa dijalankan di ponsel murah.

Lalu, India adalah negara yang tepat untuk menjadi percobaan, karena jumlah pengguna WhatsApp di sana mencapai 400 juta. Dan JioMart adalah ecommerce yang dijalankan oleh Jio Platform, bagian dari Reliance, produsen ponsel murah dan juga penyedia layanan internet di India.



Simak Video "WhatsApp Down, Netizen Ramai-ramai Mengeluh"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT