Kreator Filter Ferdy Sambo, Dari PHK Sampai Cuan Puluhan Juta

Kreator Filter Ferdy Sambo, Dari PHK Sampai Cuan Puluhan Juta

ADVERTISEMENT

Kreator Filter Ferdy Sambo, Dari PHK Sampai Cuan Puluhan Juta

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 28 Agu 2022 20:15 WIB
Pembuat filter Ferdy Sambo memberikan komentarnya tentang viralnya filter tersebut. Dia menceritakan berapa lama waktu pengerjaannya hingga respon masyarakat. Augmented reality creator Rizalduhhh adalah pembuat filter Ferdy Sambo yang viral di TikTok.
Kisah Kreator Filter Ferdy Sambo, Kena PHK sampai Punya Tarif Puluhan Juta (Foto: Instagram/@rizalduh)
Jakarta -

Pembuat filter Ferdy Sambo, Rizal, menceritakan perjalanan yang ia tempuh untuk meraih kesuksesan. Filter Ferdy Sambo bukanlah satu-satunya karya yang ia buat, masih ada banyak lagi yang lainnya.

Kepada detikINET, Rizal yang dikenal dengan username @rizalduhhh mengisahkan perjuangannya sampai bisa sesukses sekarang. Berawal dari kena PHK (putus hubungan kerja) di tahun 2020, Rizal tak putus asa untuk mengembangkan potensi dirinya.

Ia pun akhirnya belajar untuk membuat augmented reality (AR). Ia belajar otodidak dari YouTube dan mengikuti komunitas yang ada.

"Ada komunitasnya, untuk filter IG ada di Facebook, kalau di TikTok harus mendapat akses utama, komunitasnya ada di Discord. Saya sering tanya-tanya ke komunitas, kalau ada Bahasa Inggris aku pakai Google Translate," kisahnya.

Untuk freelance menjadi AR creator, Rizal memasang tarif yang berbeda-beda tergantung kebutuhan dan kerumitan pengerjaan. Menurut ceritanya, untuk undangan pernikahan ia memberikan tarif biasanya Rp 350 ribu. Sementara untuk brand besar dengan konsep yang lebih sulit, ia mampu meraup puluhan juta rupiah per proyek.

Yang menariknya, baru-baru ini, Rizal diminta Ridwan Kamil untuk membuat filter di TikTok dan Instagram. Dia pun merasa senang dengan permintaan Gubenur Jawa Barat itu.

"(Selain Ferdy Sambo) bikin yang lain juga, terbaru Pak Ridwan Kamil. Saya kan ngepost di IG, lalu ada ajudannya beliau nge-WA minta dibikin filter IG dan di TikTok," ujarnya.

Yang terbaru, dia membuat filter Ferdy Sambo. Filter Ferdy Sambo menjadi viral di TikTok dan dipakai hingga setengah juta kali. Banyak yang membuat video parodi atau lucu-lucuan menggunakan filter Ferdy Sambo.

Filter tersebut dia buat pada 17 Agustus 2022. Setelah itu, ia mengunggahnya ke TikTok dan menunggu persetujuan TikTok selama seminggu. Setelah filternya viral, Rizal mengaku banyak yang mengkhawatirkan dirinya. Sebab, nama Ferdy Sambo dinilai 'berbahaya' oleh segelintir orang.

"Kalau saya nggak (takut), kan cuma iseng. Malahan banyak yang DM 'Kak, nggak takut?'. Soalnya banyak pro kontra, kan. Saya mah cuma bikin filter-nya doang. Masalah pakainya sekreatif orang-orang. Apalagi, dia (Ferdy Sambo) udah banyak beritanya," pungkas Rizal.

[Gambas:Youtube]



(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT