8 Alasan Harus Upgrade Windows 11 Sekarang, Semakin Canggih

ADVERTISEMENT

8 Alasan Harus Upgrade Windows 11 Sekarang, Semakin Canggih

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 19 Agu 2022 17:00 WIB
Windows 11
8 Alasan Harus Upgrade Windows 11 Sekarang, Semakin Canggih (Foto: Microsoft)
Jakarta -

Meskipun versi terbaru dari Windows sudah menyambangi Indonesia sejak beberapa bulan lalu, sepertinya masih banyak pengguna yang betah dengan seri ke-10. Kendati begitu, mungkin sudah waktunya untuk beralih. Memang apa sih alasan harus upgrade Windows 11?

Diberitakan sebelumnya, bahwa Microsoft sendiri menjanjikan pengalaman yang lebih baik dengan Windows 11. Jadi tidak ada salahnya, untuk detikers melakukan pergeseran kecil, demi mendapatkan kepuasan menjajal produk raksasa teknologi tersebut.

Kalau masih ragu dengan benefit yang didapatkan, mungkin bisa simak beberapa poin penting yang bisa jadi pertimbangan detikers. Setidaknya detikINET sudah mengumpulkan delapan alasan harus upgrade Windows 11, dari berbagai sumber.

Apa itu Windows 11

Windows 11 merupakan versi utama dan terbaru dari Operating System (OS) milik Windows, di mana telah rilis sejak pertengahan tahun lalu. Versi anyar ini, membawa antarmuka sederhana, tampilan baru Windows Store, peningkatan kinerja dan pengalaman multitasking.

Windows mengungkapkan, bahwa Windows 11 memiliki visual yang benar-benar baru, lebih banyak aplikasi, dan cara efisien untuk menjadi kreatif dan produktif. Lantas apa saja alasan harus upgrade Windows 11?

Alasan Harus Upgrade Windows 11

1. Tampilan Widget

Wigdet yang diusung kini dapat diakses ketika kursor digeser ke sisi kiri layar. Hal ini mempermudah pengguna bila ingin mengetahui informasi yang berkaitan dengan cuaca, melihat kalender, saham hingga berita terkini.

Kecanggihannya sendiri mengusung AI dan memungkinkan pengguna melakukan personalisasi. Menariknya, tampilan bisa dibuat lebih besar atau full screen.

2. Kemudahan Berkomunikasi

Manfaat yang bisa diperoleh juga datang dari sokongan Microsoft teams. Fitur anyar ini mempermudah kalian untuk mengirim pesan tertulis, melakukan panggilan suara atau video, dan berbagi file.

Hadirnya Teams, menjadi salah satu alasan harus upgrade Windows 11. Bagaimana tidak, pengguna sudah tidak perlu repot untuk membuka smartphone bila ingin sekedar mengirim pesan ke orang lain.

3. Mengatur Layout Aplikasi Lebih Mudah

Microsoft sepertinya mengerti betul, bagaimana beberapa penggunanya selalu membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Oleh sebab itu, mereka pun menyuguhkan fitur baru bernama Snap Layouts.

Di sini, detikers dapat mengatur jendela di layar dengan lebih mudah. Jadi, tidak perlu menyandingkannya secara manual lagi, karena cukup klik satu kali saja, aplikasi langsung tersusun sesuai pola yang dipilih.

4. Multitasking

Microsoft memberikan cara yang lebih keren, untuk melakukan banyak tugas dan tetap mengetahui apa yang harus diselesaikan. Pengguna dapat memberdayakan fitur Desktops, dimana mengelompokkan tugas dalam beberapa desktop.

Jadi detikers bisa memiliki Desktops untuk bekerja, bermain game, atau sekolah. Berpindah antar Desktops dapat dilakukan dengan mudah.

Selain itu, ketika pengguna yang memakai dua monitor, saat melepaskan layar tersebut, Windows 11 akan minimize tampilannya. Sebelumnya, semua yang dibuka di monitor kedua, akan langsung kembali ke layar utama.

5. Adaptive Screen

Mendukung perangkat hybrid, Windows 11 menyediakan layar adaptif yang dapat diputar untuk penggunaan potret.

6. Lebih Fleksibel

Windows 11 dikembangkan sedemikian rupa untuk memberikan fleksibilitas kepada penggunanya. Salah satunya, ketika mereka tidak ingin menggunakan keyboard atau mouse kala memasukkan sebuah informasi ke laptop atau PC.

Sistem operasi ini dirancang, untuk penggunaan pena stylus dan memiliki feedback haptic baru. Microsoft memberikan gesture control, baik menggunakan pena atau jari pada layar sentuh.

Diberikan keyboard virtual layaknya smartphone, lengkap dengan gerakan swipe, kontrol kursor dengan menekan spasi, dan emoji. Pengguna dapat menggunakan input suara untuk mendikte teks dengan tanda baca otomatis.

7. Teknologi Gaming

Dalam upaya memberikan pengalaman bermain game menjadi lebih memuaskan, Microsoft menghadirkan hal tersebut di Windows 11. Game yang dibuat di platform Direct X 11 (atau lebih tinggi) akan dapat dukungan Auto HDR, seperti yang digunakan di Xbox.

Fungsi warisan Xbox lainnya adalah DirectStorage, di mana aset dimuat ke kartu grafis, agar dapat mengurangi waktu load. Tapi diperlukan hard drive dan driver yang tepat untuk memanfaatkannya.

Selain itu, juga ada Xbox Game Pass yang memberikan akses ke sejumlah game dari para developer kondang di dunia. Aplikasi ini terintegrasi langsung dalam platform membuat akses menjadi lebih mudah.

8. Kemudahan Memperoleh Aplikasi

Kini mencari aplikasi baru menjadi lebih cepat dan mudah di Windows Store. Di sini, mereka juga menyediakan beberapa game dan film yang bisa diunduh.

Ditambah, Windows 11 memberikan dukungan untuk aplikasi Android. Raksasa teknologi ini membuatnya terintegrasi ke dalam platform dan dapat dipakai bersama program Windows lainnya, sehingga bisa mengunduh lewat Microsoft Store atau aplikasi Amazon.

Cara Update Windows 11

  1. Buka Pengaturan.
  2. Klik Pembaruan & Keamanan.
  3. Klik Pembaruan Windows.
  4. Tekan Cek for Update.
  5. Klik Download dan Install bila sudah tersedia.


Simak Video "Pengguna Windows 8.1 Diminta Segera Upgrade ke Windows 10"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT