Dana Pakai Teknologi Pemetaan dari Here Technologies

ADVERTISEMENT

Dana Pakai Teknologi Pemetaan dari Here Technologies

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 14 Agu 2022 19:15 WIB
Ilustrasi Dana
Foto: Dok. Dana
Jakarta -

Here Technologies, platform data dan teknologi lokasi, digandeng Dana untuk mendukung layanan keuangan inklusif di Indonesia.

Indonesia memiliki populasi terbesar ketiga di dunia setelah Tiongkok dan India untuk populasi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank tradisional maupun akses ke layanan perbankan.

Untuk itulah, Dana berupaya untuk menyediakan platform pembayaran digital yang tepercaya bagi masyarakat Indonesia, dimana mitra bisnis dan konsumen dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman.

Di sinilah peran Here Technologies, yang application programming interface (API)-nya dipakai oleh Dana, tepatnya API untuk Here Geocoder dan Reverse Geocoder, yang dipakai untuk mengjangkau pengguna yang berada di daerah pedesaan. Untuk mitra Dana, API dari Here ini juga memungkinkan mereka memberikan penawaran digital yang dirancang lebih efisien sesuai penggunanya.

"Oleh karena itu, kami telah menggabungkan aplikasi keuangan berbasis gaya hidup yang kami miliki dengan platform HERE untuk memastikan bahwa kami juga menjangkau sebagian besar populasi Indonesia yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) dan juga mereka yang sudah memiliki rekening bank tetapi belum mengakses produk keuangan lainnya (underbanked), dan memungkinkan masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi dengan lebih lancar," jelas Vince Iswara, Cofounder dan CEO Dana, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Teknologi API dari Here Geocoding memberikan geo-koordinat yang tepat dari alamat, tempat, lokalitas, atau wilayah administratif yang diketahui di lebih dari 100 negara dan wilayah. Selain itu, kemampuan reverse geocoding dari Here memungkinkan pengguna Dana menemukan alamat terdekat dengan menggunakan koordinat maupun memilih titik lokasi di peta dalam aplikasi.

Selama empat tahun terakhir ini, Dana telah menjangkau lebih dari 110 juta pengguna dengan rata-rata 10 juta transaksi setiap hari. Dengan bantuan Here Technologies, perusahaan teknologi keuangan ini berharap pertumbuhan Dana kian positif dan makin inklusif berkat dorongan peningkatan transaksi berbasis lokasi.

"Kami bangga bahwa layanan lokasi Here mendukung Dana dalam memberdayakan inklusi keuangan di Indonesia dan meletakkan fondasi yang kuat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan untuk negara ini. Data lokasi tertanam kuat dalam aktivitas kami sehari-hari dan dengan ekosistem digital yang saat ini sedang berkembang di Indonesia dan Asia Tenggara, masih ada peluang besar bagi bisnis untuk memanfaatkan kecerdasan lokasi untuk menutup kesenjangan inklusi keuangan di Indonesia," tutup Abhijit Sengupta, Senior Director and Head of Business for Southeast Asia and India di Here Technologies.



Simak Video "Ketua Koperasi Syariah 212 Diperiksa Bareskrim Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT