Steam, Epic Games Sampai PayPal Ngadat, Diblokir Kominfo?

ADVERTISEMENT

Steam, Epic Games Sampai PayPal Ngadat, Diblokir Kominfo?

Tim - detikInet
Sabtu, 30 Jul 2022 07:25 WIB
Steam diblokir
Foto: Anggoro/detikinet
Jakarta -

Pagi ini, sebagian netizen teriak bahwa beberapa layanan internet yang cukup populer ngadat atau terblokir. Di antaranya adalah Steam, Epic Games dan Paypal. Apakah karena diblokir Kominfo karena belum mendaftar aturan PSE?

Di Twitter, khususnya pemblokiran layanan game Steam cukup ramai dibahas. "Benar-benar kejadian ini Steam diblokir sama Kominfo," tulis seorang netizen.

Pengguna Steam pun jadi tidak bisa memainkan game kesayangannya. "Steam diblokir means ga bisa main Cities Skylines." "Steam juga diblokir terus gabisa main game dong."

"Beneran situs Steam diblokir. Heran, pertimbangannya apaan si? Kominfo has to stop to take the joy out of millions/billions of people here," cetus yang lain.

"Epic Games pisan diblokir, gk iso main auto chess wes," lapor yang lain mengenai diblokirnya Epic Games. Sementara para penggemar Dota juga mengeluh tidak bisa mengakses situs.

Selain itu, layanan pembayaran PayPal juga disebut tak bisa diakses. "Yang parahnya lagi, paypal diblokir, tamat sudah riwayat freelancer di industri kreatif," keluh seorang netizen.

Saat ini, detikINET sedang menghubungi Kominfo untuk konfirmasi mengenai laporan itu dan apakah benar telah terjadi pemblokiran. Seperti diberitakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkap ada 10 layanan yang belum mendaftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) kendati sudah dikirimkan surat teguran. Jika tidak juga mendaftar, maka sanksi pemblokiran siap diberlakukan.

"Jika belum mendaftar hingga pukul 23.59 WIB, saya sekali lagi meminta maaf kepada masyarakat untuk layanan ini untuk sementara waktu sampai menunggu mereka melengkapi pendaftaran tidak bisa diakses dari Indonesia," terang Semuel Abrijani Pangerapan Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo

"Jadi mohon maaf kalau masih menggunakan layanan ini. Dan kami tetap menunggu apabila mereka mendaftar bisa mengajukan normalisasi agar bisa diakses dan beraktivitas di ruang digital di Indonesia," kata Samuel. Di antara layanan yang terancam diblokir karena belum daftar aturan PSE, masih ada yang bisa beroperasi, salah satunya Yahoo.

Tonton Video 20Detik terkait Kominfo blokir Steams Cs di sini:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Kominfo Tegaskan Aturan PSE Lingkup Privat Bukan untuk Batasi Konten"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT