4 Alasan Zodiac Killer Masih Misterius Walau Zaman Sudah Canggih

ADVERTISEMENT

4 Alasan Zodiac Killer Masih Misterius Walau Zaman Sudah Canggih

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 12 Agu 2022 12:15 WIB
Kode misteri pembunuhan Zodiac Killer terpecahkan setelah setengah abad
4 Alasan Zodiac Killer Masih Misterius Walau Zaman Sudah Canggih. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Zodiac Killer adalah salah satu pembunuh berantai paling terkenal dalam sejarah dan sampai saat ini, sosoknya masih misterius, belum bisa ditangkap polisi. Bahkan dengan berbagai macam perkembangan teknologi saat ini, Zodiac Killer masih mampu menyembunyikan diri.

Dikutip detikINET dari SfGate, berikut 4 alasan mengapa Zodiac Killer yang setidaknya membunuh 5 korban antara tahun 1968 sampai 1969 masih lolos dari kejaran aparat:

Tidak ada bukti DNA yang kuat

Pelacakan penjahat melalui identifikasi DNA sangat akurat dan merupakan teknologi terobosan bagi kepolisian. Namun jejak DNA dari Zodiac Killer tidak kuat lantaran kebanyakan ia membunuh dengan cara menembak lalu melarikan diri.

Satu-satunya kasus dia melakukan kontak adalah di Danau Berryessa, di mana dia menghabisi korban dengan tusukan pisau berkali-kali. Satu-satunya sampel DNA yang mungkin adalah dari perangko yang ada di salah satu suratnya.

Sampel itu pernah diselidiki insentif pada tahun 2022 oleh kepolisian San Francisco. Namun sampel itu tak menyajikan profil DNA lengkap. Juga bisa jadi bukan miliki Zodiac Killer, melainkan pembawa suratnya misalnya.

Sketsa Zodiac Killer tak berguna

Sketsa Zodiac Killer adalah seorang pria berkacamata dengan rambut dan bibir tipis. Namun sketsa itu tidak menunjukkan ciri khas berarti sehingga banyak orang mengidentifikasinya sebagai temannya atau tetangganya.

Misalnya kacamatanya dilepas pun, malah akan makin membingungkan. Dua korban selamat Zodiac Killer, Hartnell dan Michael Mageau, tak bisa melihat jelas sang pembunuh karena pelaku mengenakan masker serta memancarkan senter.

Ada seorang polisi mengaku melihatnya berjalan menjauh dari tempat kejahatan, tapi hanya sekilas. Itu pun bisa jadi yang dilihatnya bukan sang pembunuh Zodiac Killer melainkan orang biasa di sekitar.

Halaman selanjutnya, surat Zodiac Killer tidak jelas>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT