Kode Rahasia Zodiac Killer Dipecahkan FBI, Apa Isinya?

Kode Rahasia Zodiac Killer Dipecahkan FBI, Apa Isinya?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 28 Jan 2022 16:10 WIB
Kode misteri pembunuhan Zodiac Killer terpecahkan setelah setengah abad
Kode Rahasia Zodiac Killer Dipecahkan FBI, Apa Isinya? Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Kode rahasia yang dituliskan oleh pembunuh berantai Zodiac Killer diklaim berhasil dipecahkan oleh FBI. Pesan dengan simbol aneh itu sudah lebih dari 50 tahun menjadi misteri. Lantas, apa isi pesannya?

Pembunuh dengan pseudonym 'Zodiac' ini kerap mengirimkan pesan ejekan kepada pers yang ditulis melalui sandi, dalam kasus Zodiac killer, serangkaian simbol.

Surat-surat pertama dikirim dalam tiga media di Bay Area, masing-masing berisi bagian sandi yang berbeda. Media-media itu kemudian mencetak sandi Zodiac Killer (atau kriptogram) karena ia mengancam akan membunuh lagi jika instruksinya tidak diikuti.

Pada 8 Agustus 1969, Donald Gene dan Bettye June Harden mengklaim berhasil memecahkan tulisan tersebut dengan isi yang mengerikan. Tapi ternyata, versi dari penyelidikan FBI cukup berbeda dari isi yang dipecahkan Gene dan Harden.

Sebelumnya, sebuah tim pemecah kode memutuskan untuk mencoba dan memecahkan kode dari Zodiac Killer. Ialah David Oranchak, Sam Blake, dan Jarl Van Eycke yang menggunakan perangkat lunak untuk memecahkan sandi. Alhasil ditemukan isinya sebagai berikut yang kemudian diverifikasi oleh FBI:

I HOPE YOU ARE HAVING LOTS OF FUN IN TRYING TO CATCH ME
THAT WASNT ME ON THE TV SHOW
WHICH BRINGS UP A POINT ABOUT ME
I AM NOT AFRAID OF THE GAS CHAMBER
BECAUSE IT WILL SEND ME TO PARADICE ALL THE SOONER
BECAUSE I NOW HAVE ENOUGH SLAVES TO WORK FOR ME
WHERE EVERYONE ELSE HAS NOTHING WHEN THEY REACH PARADICE
SO THEY ARE AFRAID OF DEATH
I AM NOT AFRAID BECAUSE I KNOW THAT MY NEW LIFE IS
LIFE WILL BE AN EASY ONE IN PARADICE DEATH

"FBI mengetahui bahwa sandi yang dikaitkan dengan Zodiac Killer baru-baru ini dipecahkan oleh warga sipil," kata FBI dalam sebuah pernyataan. Mereka menambahkan bahwa Zodiac Killer masih diselidiki.

"The Zodiac Killer tetap menjadi investigasi yang sedang berlangsung untuk divisi FBI San Francisco dan mitra penegakan lokal. Karena sifat penyelidikan yang sedang berlangsung, dan untuk menghormati para korban dan keluarga mereka, kami tidak akan memberikan komentar lebih lanjut saat ini," lanjut FBI.

Lebih lanjut, meski berhasil memecahkan kode ini, tim pemecah kode mengaku kecewa karena sandi tidak berisi informasi apa pun yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi si pembunuh. Demikian melansir IFL Science.



Simak Video "Siomay Dua Putera Mang Ujang, Sehari Ludes Terjual dalam 2 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)