Game Netflix Tidak Laku, Hanya Dimainkan 1% Pelanggan

ADVERTISEMENT

Game Netflix Tidak Laku, Hanya Dimainkan 1% Pelanggan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 10 Agu 2022 14:44 WIB
Netflix luncurkan layanan gaming di aplikasi Android
Game Netflix Tidak Laku, Hanya Dimainkan 1% Pelanggan Foto: dok. Netflix
Jakarta -

Sejak tahun lalu, Netflix mulai merambah dunia mobile gaming dan menambahkan puluhan game di aplikasinya. Ternyata game-game itu tidak laku dan hanya dimainkan oleh kurang dari 1% pelanggan Netflix.

Menurut data dari Apptopia, rata-rata 1,7 juta pengguna memainkan game Netflix setiap harinya. Karena Netflix saat ini memiliki 221 juta pelanggan di seluruh dunia, artinya kurang dari 1% pelanggan mereka pernah memainkan game yang ditawarkan di aplikasi Netflix, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (10/8/2022).

Apptopia menemukan game-game Netflix sudah diunduh 23,3 juta kali sejak Netflix mengumumkan rencananya untuk melebarkan sayap ke sektor mobile gaming pada November 2021.

Saat itu Netflix hanya menyediakan lima game, yang sebagian besar terkait dengan konten original Netflix seperti Stranger Things. Kini koleksi tersebut sudah bertambah hingga lebih dari 20 game, termasuk game berbasis permainan kartu Exploding Kittens, game spinoff League of Legends bertajuk Hextech Mayhem, dan game strategi Into the Breach.

Netflix berencana menggandakan jumlah game yang ditawarkannya hingga 50 game pada tahun 2022. Platform streaming ini sudah mengakuisisi tiga studio game indie dan berencana meluncurkan game berbasis serial The Queen's Gambit.

Pelanggan Netflix bisa mengunduh puluhan game ini secara gratis di Android dan iPhone. Pelanggan Android bisa mengakses dan mengunduh langsung dari aplikasi Netflix atau Google Play Store, sedangkan pelanggan iPhone hanya bisa mengunduh lewat Apple App Store.

Temuan ini tentu jadi kabar buruk bagi Netflix yang dalam dua kuartal terakhir kehilangan lebih dari satu juta pelanggan di seluruh dunia. Game mobile ini jadi salah satu tumpuan Netflix untuk membuat pelanggannya tetap betah, tapi mereka sadar divisi gaming tidak akan langsung menghasilkan profit.

"Kami akan bereksperimen dan mencoba banyak hal," kata COO Netflix Greg Peters kepada investor saat pengumuman laporan keuangan Netflix akhir tahun lalu.

Tidak diketahui berapa investasi yang dikucurkan Netflix untuk membangun divisi mobile gaming-nya. Mereka sudah mengakuisisi tiga studio game, termasuk Next Games dengan mahar senilai USD 72 juta.

Untuk mendongkrak bisnis streaming-nya, Netflix sedang bersiap untuk meluncurkan paket langganan yang disisipi iklan pada akhir tahun ini, serta menarik biaya tambahan dari pengguna yang berbagi password dengan orang lain.



Simak Video "NETFLIX Kehilangan 1 Juta Pengikut di Pertengahan 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT