Zuckerberg Kukuh Bikin Instagram dan Facebook Makin Mirip TikTok

ADVERTISEMENT

Zuckerberg Kukuh Bikin Instagram dan Facebook Makin Mirip TikTok

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 28 Jul 2022 10:15 WIB
Ilustrasi Facebook Instagram
Mark Zuckerberg Kukuh Bikin Instagram dan Facebook Jadi Makin Mirip Tiktok Foto: Getty Images
Jakarta -

Belakangan ini banyak publik figur dan pengguna biasa yang mengeluhkan tampilan Instagram yang disebut makin mirip TikTok. Sepertinya keluhan tersebut tidak mampu membuat petinggi Instagram dan Meta untuk mengubah haluan.

CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan Instagram dan Facebook akan menampilkan lebih banyak konten dari akun yang tidak diikuti oleh pengguna. Sederhananya, Instagram dan Facebook akan jadi makin mirip TikTok pada akhir 2023.

Saat membicarakan pendapatan kuartal kedua Meta, Zuckerberg menjelaskan bahwa perusahaannya akan mendorong penggunaan 'Discovery Engine' di Instagram dan Facebook. Mesin ini akan menjadi senjata Meta melawan TikTok yang mengandalkan kecerdasan buatan (AI) untuk merekomendasikan konten kepada pengguna.

"Feed sosial akan berubah, dari yang diatur oleh orang-orang dan akun yang kalian ikuti menjadi semakin didorong oleh AI merekomendasikan konten yang menurut kalian menarik dari seluruh Facebook dan Instagram, bahkan jika kalian tidak mengikuti kreator itu," kata Zuckerberg seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis (28/7/2022).

Zuckerberg mengatakan Meta akan menggunakan AI untuk merekomendasikan semua konten yang dibagikan secara publik di platform-nya, termasuk foto dan link. Menurutnya ini akan membuat Instagram dan Facebook jadi lebih unik ketimbang TikTok yang hanya merekomendasikan video singkat.

Zuckerberg mengungkap saat ini sekitar 15% konten di feed Facebook disajikan oleh AI Meta, dan angka itu sedikit lebih tinggi di Instagram. Ia ingin angka itu naik dua kali lipat tahun depan, jadi 30% feed Instagram dan Facebook pengguna akan diisi oleh konten dari akun yang tidak mereka ikuti.

Untungnya, pengguna Instagram yang hanya ingin melihat konten dari akun yang mereka ikuti bisa mengaktifkan feed 'Following'. Pengguna Facebook juga bisa menjelajahi tab 'Feed' untuk melihat konten dari teman, grup, dan akun yang diikuti, dan bisa menghiraukan tab 'Home' yang mirip TikTok.

Pernyataan Zuckerberg soal masa depan Instagram dan Facebook yang akan makin mirip TikTok sejalan dengan apa yang diucapkan oleh petinggi Instagram sebelumnya. Head of Instagram Adam Mosseri mengatakan Instagram akan lebih fokus ke video seiring waktu tapi tetap akan mendukung foto.

Komentar Mosseri sendiri datang sehari setelah Kylie Jenner dan Kim Kardashian, dua publik figur dengan jutaan followers di Instagram, meminta platform milik Meta itu untuk berhenti meniru TikTok.

[Gambas:Youtube]



(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT