Kylie Jenner dan Kim Kardashian Minta Instagram Setop Tiru TikTok

ADVERTISEMENT

Kylie Jenner dan Kim Kardashian Minta Instagram Setop Tiru TikTok

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 26 Jul 2022 14:10 WIB
Kylie Jenner arrives at the Vanity Fair Oscar Party on Sunday, Feb. 9, 2020, in Beverly Hills, Calif. (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)
Kylie Jenner dan Kim Kardashian Minta Instagram Setop Tiru TikTok Foto: Evan Agostini/Invision/AP
Jakarta -

Kebijakan baru Meta yang membuat Instagram jadi makin mirip TikTok ternyata tidak hanya dikritik oleh pengguna umum saja. Kylie Jenner dan Kim Kardashian, dua publik figur dengan jutaan followers di Instagram, juga memiliki kekhawatiran yang sama.

Jenner membagikan screenshot yang memperlihatkan postingan pengguna @illumitati di Instagram Stories. Postingan tersebut berisi teks yang meminta Instagram untuk berhenti meniru TikTok.

"Make Instagram Instagram again," tulis postingan yang dibagikan Jenner di Instagram Stories, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (26/7/2022).

"(Berhenti mencoba jadi tiktok saya hanya ingin melihat foto lucu teman-teman saya). Dengan hormat, semua orang," sambungnya.

Postingan Stories Kylie Jenner minta Instagram berhenti tiru TikTokPostingan Stories Kylie Jenner minta Instagram berhenti tiru TikTok Foto: Screenshot/detikINET

Saudara Jenner, Kim Kardashian juga membagikan postingan yang sama di Instagram Stories-nya. Saat ini postingan yang diunggah oleh akun @illumitati itu sudah mendapatkan lebih dari 1,3 juta likes.

Tidak hanya Jenner dan Kardashian, pengguna Instagram yang kesal melihat platform favoritnya jadi mirip TikTok juga sampai membuat petisi online. Salah satunya adalah petisi 'Make Instagram Instagram Again' di Change.org yang sudah memiliki lebih dari 111 ribu tanda tangan.

Berubahnya Instagram menjadi makin mirip TikTok sebenarnya bukan hal yang baru. Meta, sebagai pemilik Instagram, telah memprioritaskan Reels yang merupakan fitur kloningan TikTok sebagai fitur masa depan Instagram.

Instagram telah meluncurkan beberapa program untuk mengajak penggunanya lebih rajin mengunggah Reels, termasuk memberikan insentif bagi kreator yang membuat Reels populer.

Belum lama ini, Instagram juga merilis fitur yang membuat semua video di bawah 15 menit menjadi Reels. Mereka juga sedang menguji coba desain baru feed Instagram dengan layar yang lebih penuh dan vertikal ala TiKTok.

Tapi komentar Jenner dan Kardashian mungkin bisa membuat keluhan pengguna Instagram jadi lebih terdengar. Dengan 360 juta followers, Jenner merupakan orang kedua dengan followers terbanyak di Instagram setelah Cristiano Ronaldo.

Menariknya, ucapan Jenner di media sosial ternyata punya pengaruh cukup besar terhadap platform yang disindirnya. Pada tahun 2018, Jenner pernah mengkritik desain baru Snapchat dan mengatakan tidak pernah membuka aplikasi itu lagi. Cuitannya di Twitter itu membuat saham Snap anjlok 7%.



Simak Video "Usai Dikritik, Instagram Batal Kembangkan Fitur Mirip TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT