Mark Zuckerberg Ungkap Saingan Terbesar Meta Bangun Metaverse

ADVERTISEMENT

Mark Zuckerberg Ungkap Saingan Terbesar Meta Bangun Metaverse

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 27 Jul 2022 21:00 WIB
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg Ungkap Saingan Terbesar Meta Bangun Metaverse Foto: Instagram @zuck
Jakarta -

CEO Meta Mark Zuckerberg mengungkap perusahaannya bersaing ketat dengan Apple dalam mengembangkan metaverse. Menurutnya, Meta dan Apple berada dalam persaingan filosofis yang sangat dalam.

Saat berbicara dengan karyawan Meta pada awal bulan ini, Zuckerberg mengatakan perusahaannya bersaing dengan Apple untuk menentukan 'arah internet' ke depannya. Ia mengatakan Meta akan menjadi alternatif yang lebih murah dan terbuka dari Apple.

"Ini adalah kompetisi filosofi dan ide, di mana mereka percaya bahwa dengan melakukan semuanya sendiri dan mengintegrasikan secara ketat, mereka bisa membangun pengalaman konsumen yang lebih baik," kata Zuckerberg, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (27/7/2022).

"Dan kami meyakini bahwa ada banyak yang harus dilakukan dalam spesialisasi di berbagai perusahaan, dan itu akan memungkinkan ekosistem yang jauh lebih besar untuk eksis," sambungnya.

Sejak mengubah nama Facebook menjadi Meta, Zuckerberg terus menjagokan metaverse dan konsep interoperabilitas. Belum lama ini, Meta bersama Microsoft, Epic Games, dan lain-lain mendirikan Metaverse Open Standards Group untuk menciptakan protokol metaverse yang terbuka.

Apple tentu saja absen dari grup tersebut, dan Zuckerberg pun tidak kaget melihat produsen iPhone itu tidak ikut bergabung. Kepada karyawan Meta, Zuckerberg menjelaskan pendekatan Apple untuk membangun ekosistem hardware dan software yang tertutup bisa berhasil untuk iPhone, tapi mungkin tidak bisa digunakan untuk membangun metaverse.

Apple sendiri sejak lama dikabarkan akan merilis headset untuk augmented dan virtual reality, salah satu perangkat yang dibutuhkan untuk menjelajahi metaverse. CEO Apple Tim Cook telah beberapa kali mengungkap ketertarikannya dengan AR, tapi masih bungkam soal rumor headset AR dan VR dari Apple.

Jika Apple benar-benar merilis headset AR dan VR, Zuckerberg mengatakan ingin memposisikan Meta sebagai Android untuk melawan iOS Apple. Memang ada kemiripan antara Meta dan Android, saat ini headset Quest memungkinkan pengguna untuk sideloading aplikasi yang tidak tersedia di toko aplikasi VR Meta.

Apple dan Meta memang tidak pernah bersaing secara langsung, beda dengan persaingan antara Apple dan Google. Tapi Apple secara tidak langsung menjadi 'musuh' Meta setelah kebijakan privasi terbarunya membuat Meta kehilangan miliran dolar dari pendapatan iklan di iOS.



Simak Video "Meta Akan Ambil Komisi Hampir 50% di Metaverse"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT