Bill Gates Mau Berhenti Jadi Orang Kaya, Uangnya Buat Apa?

ADVERTISEMENT

Bill Gates Mau Berhenti Jadi Orang Kaya, Uangnya Buat Apa?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 18 Jul 2022 15:29 WIB
Bill Gates kutu buku
Bill Gates Mau Berhenti Jadi Orang Kaya, Uangnya Buat Apa? Foto: Facebook
Jakarta -

Bill Gates memutuskan untuk berhenti menjadi orang kaya dan berencana menyumbangnya banyak kekayaannya. Hal ini ia ungkapkan melalui cuitannya di Twitter.

"Ketika saya melihat ke masa depan, saya berencana untuk memberikan hampir semua kekayaan saya ke yayasan (Bill & Melinda Gates Foundation). Saya akan turun dan akhirnya keluar dari daftar orang terkaya di dunia," kata Gates.

Lantas, kira-kira kekayaan yang luar biasa jumlahnya itu akan digunakan untuk apa?

Selama ini, Bill & Melinda Foundation memiliki dana yang cukup besar. Namun melansir CNBC, Senin (18/7/2022) angka USD 6 miliar untuk pengeluaran tahunan, direncanakan Gates meningkat menjadi USD 9 miliar per tahun di tahun 2026.

"Sekarang jelas bahwa kebutuhan di semua bidang tempat kami bekerja lebih besar dari sebelumnya. Krisis besar di zaman kita mengharuskan kita semua untuk berbuat lebih banyak," tulis Gates di blog-nya. Itu merujuk pada pandemi COVID-19 hingga invasi Rusia ke Ukraina.

Didirikan pada tahun 2000, yayasan ini sudah menjadi salah satu organisasi amal terbesar di dunia. Organisasi nirlaba ini mendanai berbagai penyebab, dengan fokus khusus pada menemukan solusi untuk masalah global seperti penyakit, kemiskinan, perubahan iklim, dan akses ke perawatan kesehatan dan pendidikan.

Dalam aksi nyata, studi 2008 dari Rice University menemukan bahwa Bill & Melinda Foundation memberikan pendanaan besar pada penelitian tentang vaksin malaria dan tuberkulosis. Termasuk juga soal penyakit asma dan jantung.

Ke depan, Bill Gates menulis bahwa dia ingin sumbangannya yang terus meningkat untuk mendanai penelitian dan pengembangan tentang pencegahan pandemi di masa depan, mengurangi perubahan iklim dan memotong angka kematian anak-anak global dari penyakit yang dapat dicegah dalam beberapa dekade mendatang.



Simak Video "Bill Gates Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT