Perjuangan Pemuda Tak Lulus SMA Jadi YouTuber Super Kondang

ADVERTISEMENT

Perjuangan Pemuda Tak Lulus SMA Jadi YouTuber Super Kondang

Tim - detikInet
Sabtu, 16 Jul 2022 06:15 WIB
Casey Neistat
Casey Neistat. Foto: YouTube
Jakarta -

Di YouTube, dia sangat populer. Pelanggannya sudah mencapai lebih dari 12,4 juta walau belakangan sudah tidak begitu aktif dan hanya upload beberapa bulan sekali. Namun YouTube-lah yang membesarkan namanya. Nasibnya sekarang kontras dengan penderitaan di masa lalunya.

Namanya adalah Casey Neistat asal New York. Dia kerap memposting video soal review gadget, traveling dan segala macam dengan gayanya yang khas.

Pria kelahiran tahun 1981 ini masa kecilnya sulit. Pada usia 15 tahun, dia keluar dari SMA dan tidak pernah tamat. Sudah begitu, dia kemudian memutuskan meninggalkan rumah bersama kekasihnya, Robin Haris. Sang kekasih lalu hamil dan melahirkan seorang anak yang dinamakan Owen.

Di masa sulit itu, mereka hanya mampu tinggal di karavan. Casey dan Haris memutuskan menikah, tapi rumah tangga mereka hanya bertahan sebulan. Pekerjaan serabutan seperti pencuci piring dan koki pernah dilakoninya.

Saat pindah ke New York, pekerjaan pertamanya adalah tukang antar barang memakai sepeda. "Aku pindah ke New York di usia 20 tahun dan mulai membuat film non stop. Aku tak punya teman sehingga cuma di rumah sepanjang malam dan melakukan editing di iMac," kisahnya.

Jadi YouTuber Berpengaruh

Casey yang pernah berkunjung ke Jakarta di 2017 menceritakan kisahnya hidupnya. Tahun 2003, dia membuat sebuah video tentang iPod yang biaya penggantian baterainya sangat tinggi. Ia mengunggahnya ke internet, waktu itu belum ke YouTube karena situs ini belum ada.

Tak dinyana ia 'berhasil' mendapat email langsung dari mendiang Steve Jobs, yang sangat marah dengan videonya. Selang beberapa waktu, Apple mengubah kebijakannya. "Satu yang kupelajari dari pengalaman tersebut adalah, suara satu orang bisa mengubah dunia, selama kita yakin terhadap suara yang kita miliki sendiri," ucapnya.

Tak cuma itu, pada 2011, ia kembali membuat video yang menggegerkan New York. Awalnya, ia sangat kesal terhadap polisi yang menilangnya karena mengendarai sepeda di luar jalur. Ia mengatakan bahwa jalur tersebut terkadang berbahaya, namun petugas tetap bersikeras bahwa pengendara sepeda harus tetap di jalurnya.

Dalam video yang ia sebut sangat bodoh tersebut, ia melakukan protes dengan terus mengendarai sepeda di jalurnya, tanpa memikirkan ada rintangan. Ia terus 'menabrakkan diri' karena terlalu banyak halangan yang ada, seperti truk, taksi, hingga mobil polisi sendiri.

Halaman selanjutnya, Casey Neistat terus menanjak>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT