Pendiri Apple: Steve Jobs Sebenarnya Gak Ngerti Teknologi

ADVERTISEMENT

Pendiri Apple: Steve Jobs Sebenarnya Gak Ngerti Teknologi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 07 Jul 2022 14:40 WIB
Steve Wozniak
Steev Wozniak dan Steve Jobs. Foto: Phone Arena
Jakarta -

Apple didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak pada April 1976. Wozniak sudah lama tidak menjadi bagian Apple. Kini, dia menyibukkan diri sebagai pembicara dan kegiatan lainnya.

Bukan rahasia kalau dari sisi teknis, Wozniak lebih berperan dalam rancangan komputer Apple di masa awal. Malah Woz menyatakan mendiang Jobs sebenarnya tidak tahu apa-apa soal teknologi. Meskipun demikian, karisma dan visinya membuat Jobs jauh lebih tenar ketimbang Wozniak.

"Steve Jobs itu tak punya peran apa-apa dalam desain komputer Apple I dan Apple II dan interface printer dan serial interface dan floppy disk serta hal-hal yang kuciptakan untuk mempercanggih komputer itu," kata Woz dalam sebuah wawancara yang dikutip detikINET dari Mirror.

"Dia tidak mengerti teknologi. Tapi dia ingin menjadi penting dan orang penting selalu adalah orang bisnis. Jadi itulah yang ingin dilakukannya," lanjut Woz.

Wozniak dan Steve Jobs pertama kali bertemu pada tahun 1971 setelah diperkenalkan seorang teman. Kemudian mereka mendirikan perusahaan komputer bernama Apple. Produk pertama adalah komputer Apple I yang dibuat Wozniak di garasi pada tahun 1976.

Apple I dijual USD 666,66 pada waktu itu dan awalnya dibuat hanya 200 unit. Karena sangat langka, komputer Apple I sangat diburu sekarang ini dan harganya pun selangit.

"Aku selalu ingin berkecimpung di hal-hal berbau teknis, di laboratorium, seperti ilmuwan gila. Jadi memang itu keahlianku," ucap Woz. Ia juga menyinggung soal komputer Apple II.

"Komputer Apple II adalah satu-satunya produk sukses Apple dalam 10 tahun berdirinya dan komputer itu selesai semuanya hanya untuk diriku sebelum Steve Jobs tahu bahwa komputer itu eksis," imbuhnya.

Halaman selanjutnya, Steve Wozniak mengenang Steve Jobs>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT