Kisah Nomor Misterius di Komputer Pertama Buatan Apple

Kisah Nomor Misterius di Komputer Pertama Buatan Apple

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 19 Feb 2022 16:01 WIB
396388 03: Apple Computer Inc. unveiled a new portable music player, the iPod MP3 music player October 23, 2001 at an event in Cupertino, Calif. The device can hold up to 1,000 songs in digital form. (Photo Courtesy of Apple Corp. via Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ada satu hal misterius dari Apple-1, yang merupakan komputer pertama buatan Apple. Yaitu nomor seri yang ditulis tangan di beberapa unit komputer tersebut.

Disebut misterius karena nomor seri tersebut ditulis tangan, dan (awalnya) tak ada yang mengaku menulis nomor tersebut. Steve Wozniak dan Steve Jobs sama-sama mengaku tak mengetahui bagaimana nomor tersebut bisa muncul di mainboard Apple-1.

Begitu juga Daniel Kottke, yang merakit dan menguji beberapa mainboard dari Apple-1. Paul Terrell, pemilik Byte Shop yang membeli 50 unit Apple-1 pun mengaku tak mengetahui keberadaan nomor tersebut.

Namun misteri tersebut akhirnya terpecahkan oleh Achim Baque, orang mencatat Apple-1 Registry -- daftar semua komputer Apple-1. Meski pada awalnya, ini bukan hal yang mudah.

Jika dilihat lebih dekat, tulisan nomor seri tersebut sangat mirip dengan tulisan Steve Jobs, sekalipun Jobs mengaku tak menulis nomor tersebut. Namun untuk memastikan nya, Baque mencari layanan pengenalan tulisan tangal terkenal di dunia untuk membandingkan tulisan nomor seri tersebut dengan tulisan tangan Jobs.

Sayangnya, Jobs dikenal jarang menuliskan tanda tangannya, yang membuat tanda tangan Jobs sangat berharga. Baque kemudian menemukan contoh tulisan tangan Jobs dan memberikannya ke penyedia layanan pengenalan tulisan tangan tersebut.

Sayangnya, foto contoh tulisan tangan Jobs itu dinilai tak cukup karena analisisnya harus dilakukan dengan meneliti tulisan langsung di mainboard-nya. Ia pun kemudian membawa dua buah mainboard Apple-1 untuk diteliti, bersama dengan sebuah kartu pos milik Kottke yang dikirimkan dan berisi tulisan tangan Jobs.

Setelah dianalisis selama tiga bulan dari berbagai foto dan tulisan tangan Jobs, akhirnya misterinya terpecahkan. Tulisan tangan di mainboard Apple-1 itu identik dengan tulisan tangan Jobs.



Simak Video "Melihat Barang-barang Langka Milik Steve Jobs yang Dilelang di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)