Komputer Pertama Apple Dilelang, Harganya Bikin Geleng-geleng

Komputer Pertama Apple Dilelang, Harganya Bikin Geleng-geleng

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 09 Nov 2021 21:30 WIB
396388 03: Apple Computer Inc. unveiled a new portable music player, the iPod MP3 music player October 23, 2001 at an event in Cupertino, Calif. The device can hold up to 1,000 songs in digital form. (Photo Courtesy of Apple Corp. via Getty Images)
Komputer Pertama Apple Dilelang, Harganya Mulai Rp 2,8 Miliar Foto: Getty Images
Jakarta -

Salah satu unit Apple-1, komputer yang merupakan produk pertama Apple, akan dilelang pada pekan ini. Perangkat ini diperkirakan akan terjual dengan harga USD 600.000 atau sekitar Rp 8,5 miliar.

Bagi fanboy dan kolektor produk Apple, komputer Apple-1 memiliki nilai sejarah yang sangat besar. Komputer berusia 45 tahun ini dirancang dan diuji coba langsung oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs bersama Patty Jobs dan Daniel Kottke di garasi rumah Jobs di Los Altos, California.

"Itu yang membuatnya sangat menarik untuk banyak orang," kata ahli Apple-1 Corey Cohen kepada Los Angeles Times, seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (9/11/2021).

Total, hanya ada 200 unit Apple-1 yang diciptakan oleh Jobs, Wozniak, dan kawan-kawan, dan hanya ada 175 unit yang dijual. Saat ini hanya ada 60 unit Apple-1 yang masih eksis, dan hanya ada 20 unit yang masih berfungsi, termasuk unit yang dilelang ini.

Komputer ini akan dilelang oleh John Moran Auctioneers dengan harga mulai dari USD 200.000 (Rp 2,8 miliar). Unit Apple-1 ini diperkirakan akan terjual dengan harga antara USD 400-600 ribu.

Model Apple-1 ini termasuk satu dari 50 unit yang dijual ke toko ByteShop di Mountain View, California. Pemilik toko, Paul Terrell, awalnya tidak senang karena unit yang ia terima tidak termasuk layar, keyboard, atau casing.

Unit yang dilelang ini disebut sebagai 'Chaffey College Apple-1' karena pemilik pertamanya merupakan dosen di Chaffey College. Pada tahun 1977, dosen itu menjual unit tersebut ke salah satu mahasiswanya agar bisa membeli Apple-2.

Mahasiswa itu membeli unit Apple-1 tersebut dengan harga USD 650, dan terus menjaganya selama empat dekade. Cohen mengatakan unit tersebut ditemukan dalam kondisi yang cukup bagus, dan telah melewati proses otentikasi, restorasi dan evaluasi yang ekstensif.

Model yang dilelang ini termasuk satu dari enam Apple-1 yang dilapisi casing yang terbuat dari kayu koa. Saat ini kayu tersebut merupakan komoditas yang langka dan mahal, sehingga menambah nilai jual unit Apple-1 tersebut.

Unit komputer ini dilelang bersama monitor Panasonic, salinan buku manual dan panduan penggunaan Apple-1, buku petunjuk programming, dua kaset software Apple-1.

Meski prediksi harga jualnya cukup fantastis, komputer ini tidak akan menjadi unit Apple-1 termahal yang pernah dilelang. Pada tahun 2014, rumah lelang di New York menjual unit Apple-1 dengan harga USD 905.000.



Simak Video "Wujud Surat Lamaran Kerja Steve Jobs yang Laku Hampir Rp 5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)