Revolusi Teknologi Digital Bantu Komikus RI Mendunia

ADVERTISEMENT

Revolusi Teknologi Digital Bantu Komikus RI Mendunia

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 05 Jul 2022 18:46 WIB
Kemajuan Teknologi Bantu Komikus Lebih Mudah Berkarya
Kemajuan Teknologi Bantu Komikus Lebih Mudah Berkarya (Foto: Panji Saputro/detikINET)
Jakarta -

Is Yuniarto, kreator yang menciptakan karakter Gatotkaca di Mobile Legends, memberikan tanggapannya terkait kemajuan teknologi dan hubungannya dengan profesi komikus. Menurutnya, hal tersebut sangat bagus dan memudahkan para penggiat.

"Bahwa setiap komikus sekarang bisa menerbitkan karyanya. Kalau zaman dulu, mungkin harus melalui penerbit dulu. Tapi kali ini, setiap kreator bisa langsung menunjukkan karyanya kepada audiens," kata Is kepada detikINET, dalam acara Jagad Sandya Legenda, Sabtu (2/7/2022) lalu.

Is mengungkapkan, bahwa memiliki skill juga sudah bisa menjadi modal bagi para komikus untuk bersaing secara global. Menurutnya, hal itu terbukti dari mereka yang sudah bekerja di perusahaan luar negeri seperti Marvel, DC Comics atau Disney.

"Mungkin kita cuma kekurangan kuantitas saja, dalam arti lebih banyak orang lagi," jawab Is.

Ditanya terkait apakah berprofesi sebagai komikus di Indonesia sangat menguntungkan, Is mengatakan, secara materi menjanjikan. Ia menjelaskan, saat ini menjadi masa keemasan untuk komik digital.

"Saat ini adalah masa keemasan untuk komik digital, artinya secara materi sangat menjanjikan. Jadi, kalau saya menjawab ini beberapa tahun lalu, mungkin berbeda keadaannya. Tetapi hari ini, konten digital sangat dibutuhkan baik dari dalam maupun luar negeri," tegasnya.

Is sendiri mengaku, bahwa sejak kecil dirinya suka bercerita melalui gambar. Kegemarannya tersebutlah, yang pada akhirnya membawa dia memilih karir sebagai komikus.

"Kalau pendorong semangat, mungkin banyak ya dari komikus senior. Kalau, kenapa saya mau jadi komikus? Karena saya sendiri memang suka bercerita dalam bentuk visual, dalam arti adalah komik," ungkap Is.

Terkait kesibukannya saat ini, Is menyampaikan sedang membuat komik baru. Ia pun mengangkat tema kepahlawanan, dan nantinya bisa dibaca secara online di Webtoon International.

"Untuk Garudayana, saat ini masih menunggu dari penerbit, tapi saya tentu saja ingin melanjutkannya," tambahnya.

Sebagai komikus kondang dan berpengalaman, ia turut memberikan pesan-pesan kepada orang-orang yang baru terjun di industri ini.

"Pesannya sederhana yakni kita tetap perlu konsistensi berkarya. Bagi mereka yang baru mulai, perlu menemukan ciri khas, baik itu dari sisi visual maupun gaya bercerita, yang nantinya membentuk branding dari masing-masing kreator," tutupnya.



Simak Video "Komikus Legendaris DC dan Marvel, George Perez Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT