Meta, Microsoft, Epic Games Bersatu Bikin Standar Metaverse

ADVERTISEMENT

Meta, Microsoft, Epic Games Bersatu Bikin Standar Metaverse

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 24 Jun 2022 20:45 WIB
Ikut Tren Digital, McDonalds Siap Hadirkan Restoran Metaverse
Meta, Microsoft, Epic Games Bersatu Bikin Standar Metaverse (Foto: Getty Images/spflaum1)
Jakarta -

Deretan raksasa teknologi ternama, bikin grup untuk mematok standar pengembangan metaverse. Bertajuk Metaverse Standards Forum, di dalamnya berisi nama-nama besar seperti Meta, Microsoft, Epic Games, Nvidia, Adobe dan masih banyak lagi.

Kolaborasi tersebut akan mencoba mencari beberapa elemen, yang menghambat penyebaran metaverse. Lalu bagaimana Standards Developing Organizations (SDOs), memahami masalahnya dan mengembangkan cara, agar bisa diimplementasikan dengan cepat untuk mengatasinya.

"Membangun metaverse untuk semua orang, akan membutuhkan fokus industri yang luas sesuai standar umum. Metaverse Standars Forum, dapat mendorong kolaborasi yang diperlukan untuk mewujudkannya dan Meta berkomitmen untuk pekerjaan ini," ujar Vishal Shah, Vice President of Metaverse di Meta, dilansir detikINET dari situs resmi, Jumat (24/6/2022).

Marc Petit, Vice President Unreal Engine di Epic Games, juga mengungkapkan bahwa kerja sama ini sengaja dijalin untuk mempercepat pengembangan dan penerapan standar metaverse. Nah, itu senada dengan tujuan yang dipaparkannya.

"Tujuan kami adalah membangun metaverse terbuka, yang memperkaya umat manusia dan merupakan rumah bagi ekosistem yang adil dan berkembang dengan jutaan pencipta," kata Petit.

Kendati demikian, ada beberapa nama besar lainnya yang hilang dari daftar. Mulai dari Google, Apple, pengembang game Pokemon GO Niantic dan Roblox.

Padahal diketahui, bahwa Apple tengah menyiapkan headset VR atau AR. Di mana banyak harapan muncul dari para penggemar, agar mereka menjadi pemain utama dalam metaverse.

Bila mengacu pada daftar member di situs resmi, di dalamnya juga ada nama lain, seperti Qualcomm, Sony Interactive Entertainment, Huawei dan bahkan IKEA. Mengingat forum ini dibuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya pendaftaran, ada kemungkinan jumlah anggota akan bertambah seiring dengan kesamaan misi serta visi.



Simak Video "Setiap Orang Bisa Mencoba Kehidupan Virtual di Toko Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT