Elon Musk Klaim Tak Pernah Ajak Orang-orang Beli Kripto

ADVERTISEMENT

Elon Musk Klaim Tak Pernah Ajak Orang-orang Beli Kripto

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 23 Jun 2022 13:20 WIB
NEW YORK, NEW YORK - MAY 02: 
  Elon Musk attends The 2022 Met Gala Celebrating
Elon Musk Mengaku Tidak Pernah Ajak Orang-orang Beli Kripto Foto: Getty Images for The Met Museum//Dimitrios Kambouris
Jakarta -

Di tengah lesunya pasar kripto global, gerak-gerik Elon Musk justru jadi perhatian. Betapa tidak, di antara tokoh-tokoh teknologi lainnya, Musk merupakan salah satu yang paling vokal menyuarakan dukungannya untuk mata uang kripto.

Saat berbicara di Qatar Economic Forum, Musk pun dimintai tanggapannya tentang kondisi pasar kripto saat ini. Di saat yang sama, Musk ingin menegaskan bahwa ia tidak pernah mengajak orang-orang untuk berinvestasi kripto.

"Saya tidak pernah mengatakan bahwa orang-orang harus investasi kripto," kata Musk, seperti dikutip dari Mashable, Kamis (23/6/2022).

"Dalam kasus Tesla, SpaceX, saya sendiri, kami semua memang membeli beberapa Bitcoin, tapi itu hanya sebagian kecil dari total aset uang tunai kami," sambungnya.

Jika melihat kembali riwayat cuitan Musk soal kripto di Twitter, pengakuan orang terkaya di dunia tersebut memang ada benarnya. Musk memang tidak pernah secara eksplisit mengajak orang-orang untuk membeli kripto, tapi beberapa cuitannya bisa dilihat sebagai bentuk 'endorsement' untuk aset kripto.

Apalagi Musk saat ini memiliki hampir 100 juta followers di Twitter. Jadi bukan tidak mungkin ada beberapa pengikutnya yang menganggap cuitan dukungan Musk untuk kripto sebagai bentuk promosi dan nasihat untuk ikut berinvestasi.

Tidak hanya dari cuitan di Twitter, Musk juga menunjukkan dukungannya terhadap kripto dengan menerimanya sebagai bentuk pembayaran untuk produk yang ditawarkan perusahaannya, Tesla dan SpaceX.

Tahun lalu, Musk mengumumkan Tesla akan menerima Bitcoin untuk pembelian mobilnya. Berarti, calon konsumen harus membeli aset Bitcoin dulu sebelum menggunakannya untuk membayar mobil Tesla.

Musk juga pernah mengumumkan bahwa SpaceX akan meluncurkan satelit bernama Dogecoin. Misi ini juga akan didanai menggunakan Dogecoin dan menjadi token kripto meme tersebut sebagai kripto pertama yang berhasil ke luar angkasa.

Bicara soal Dogecoin, sepertinya token meme ini merupakan favorit Musk karena paling sering ia promosikan di Twitter. Bahkan Musk pernah menyebut dirinya sebagai 'Dogefather'.

Dukungan Musk terhadap Dogecoin kemudian menjadi bumerang setelah seorang investor menggugatnya dan menudingnya menjalankan skema piramida untuk mendongkrak nilai Dogecoin. Meski digugat Rp 3.800 triliun, Musk kembali menyatakan dukungannya untuk Dogecoin dan berjanji akan tetap membelinya.

Di sisi lain, Musk pernah mengatakan bahwa orang-orang yang mencari tips investasi darinya lebih baik membeli aset berbentuk fisik seperti rumah atau saham. Tapi ia tetap akan memiliki dan tidak akan menjual aset Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin miliknya.

Tahun lalu, CEO SpaceX dan Tesla ini juga pernah mencuit bahwa aset kripto memang menjanjikan untuk investasi, tapi bagi orang awam sebaiknya melakukannya dengan hati-hati.



Simak Video " Mantan Pacar Lelang Foto Bareng Elon Musk Senilai Rp 756 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT