Sejarah Emoji Terong yang Sering Disalahgunakan

Sejarah Emoji Terong yang Sering Disalahgunakan

ADVERTISEMENT

Sejarah Emoji Terong yang Sering Disalahgunakan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 21 Jun 2022 09:45 WIB
emoji
Sejarah Emoji Terong yang Sering Disalahgunakan. Foto: iStock
Jakarta -

Emoji terong menjadi salah satu emoji populer saat ini. Akan tetapi, ada saja segelintir orang yang menggunakannya untuk hal yang kurang tepat sesuai makna asli emoji tersebut.

Acap kali, emoji terong digunakan untuk berkirim pesan seks atau sexting. Namun, makna asli dari emoji terong ini tidaklah sembarangan.

Emoji terong merupakan salah satu emoji buatan pria kebangsaan Jepang. Mengutip Japanese Food Guide, emoji terong lebih dari sekadar makna sayuran saja. Dalam budaya Jepang, memimpikan Gunung Fuji, elang, dan terong di malam pertama Tahun Baru dianggap sebagai keberuntungan. Mimpi pertama tahun ini disebut hatsuyume.

Tidak diketahui secara pasti dari mana kepercayaan ini berasal, tetapi satu teori umum tentang mengapa kombinasi khusus ini dianggap menguntungkan adalah karena Gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang, elang adalah burung yang kuat dan pintar, dan kata dalam bahasa Jepang untuk terong (茄子, nasu atau nasubi) adalah homonim untuk mencapai sesuatu yang hebat (成す, nasu).

Teori lain berkaitan dengan Tokugawa Ieyasu, pendiri dan shogun pertama Keshogunan Tokugawa (dalam periode yang dikenal sebagai era Edo). Ia disebut sangat menyukai Gunung Fuji, elang, dan terong. Kepercayaan ini diyakini berasal dari periode tersebut yang dimulai pada 1603.

Namun arti emoji terong ini berubah begitu emoji ini diadopsi oleh budaya barat. Orang di Amerika Serikat dan Kanada misalnya, sering menggunakan emoji terong dengan konotasi seksual. Selain terong, emoji pisang juga kerap kali jadi emoji yang 'disalahgunakan'. Padahal, emoji sayuran dan buah-buahan diciptakan untuk mencegah miskomunikasi sehingga masuk ke dalam daftar umum emoji.

Nah, kira-kira seperti itu, detikers. Jangan sampai salah pakai lagi, ya.



Simak Video "Sejarah dan Arti Sebenarnya Emoji Terong"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT