Pisang adalah Buah Beri, Stroberi Bukan! Ini Alasan Ilmiahnya

Pisang adalah Buah Beri, Stroberi Bukan! Ini Alasan Ilmiahnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 30 Apr 2021 09:15 WIB
6 Hal Ini Bakal Terjadi Saat Kamu Berhenti Makan Pisang
Pisang adalah buah beri, sedangkan stroberi bukan buah beri. Foto: iStock
Jakarta -

Walaupun namanya stroberi, tahu tidak kalau buah yang enak dijadikan jus ini tidak termasuk buah beri. Justru, malah pisang yang diklasifikasi sebagai buah beri. Loh kok bisa? Ternyata ada alasan saintifiknya.

Konflik penyandang buah beri muncul karena orang menyebut buah tertentu sebagai 'berry' ribuan tahun sebelum ilmuwan menemukan definisi yang tepat untuk kata tersebut;. Hal ini dijelaskan oleh Judy Jernstedt, seorang profesor ilmu tumbuhan di University of California.

Melansir Live Science, biasanya, orang menganggap buah beri sebagai buah kecil yang berbiji kecil banyak layaknya stroberi, tetapi klasifikasi ilmiahnya jauh lebih kompleks. Secara botani, buah beri memiliki tiga lapisan berdaging yang berbeda: exocarp (kulit luar), mesocarp (bagian tengah berdaging) dan endocarp (bagian paling dalam, yang menampung biji). Contohnya, kulit luar anggur adalah eksocarp, bagian tengahnya yang berdaging adalah mesocarp dan bagian dalam seperti jeli yang memegang biji merupakan endocarp, jelas Jernstedt.

Struktur berlapis yang sama muncul pada buah beri lainnya, termasuk pisang, terong, anggur dan semangka, masing-masing berupa kulit dan kulit buah.

Selain itu, untuk menjadi buah beri, buah harus memiliki dua biji atau lebih. Klasifikasi lainnya, buah harus berkembang dari satu bunga yang memiliki satu ovarium. Beberapa tanaman, seperti blueberry, memiliki bunga hanya dengan satu ovarium. Makanya, blueberry adalah buah beri 'sejati'.

Terus mengapa stroberi bukan buah beri? Ini dikarenakan stroberi dan raspberi, memiliki bunga dengan lebih dari satu ovarium. Alih-alih disebut beri, stroberi termasuk golongan buah agregat.

Bagaimana dengan buah lainnya? Kalau jeruk, bagaimana? Menurut Courtney Weber pakar dari Cornell University di New York, jeruk adalah subtipe berry yang disebut hesperidium. Seperti buah beri lainnya, jeruk memiliki tiga lapisan berdaging, memiliki dua biji atau lebih, dan berkembang dari satu bunga dengan satu ovarium. Tetapi buah jeruk mengandung segmen yang berbeda terkait jumlah karpel, sehingga mengecualikannya dari daftar buah beri lain.

Bingung? Sama, ilmuwan juga masih seringkali kesulitan. Secara keseluruhan, kategorisasi beri memang masih agak kacau menurut Jernstedt.

"Para ilmuwan juga merasakan hal yang sama. Selalu ada upaya untuk menerapkan beberapa aturan pada klasifikasi buah. Tapi ini telah berlangsung selama beberapa abad, jadi jangan khawatir karena ini akan segera diselesaikan," tandasnya.



Simak Video "NASA Rayakan 20 Tahun Operasi Muatan Sains ISS"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)