Pemandangan Mengerikan Tank Robot Menghancurkan Sasaran

Pemandangan Mengerikan Tank Robot Menghancurkan Sasaran

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 18 Jun 2022 14:45 WIB
Tank otonom
Tank otonom. Foto: YouTube
Jakarta -

Pada perang di masa depan, bisa jadi yang dikerahkan adalah tank otonom robotika yang dapat berjalan sendiri tanpa diperlukan tentara di dalamnya. Teknologinya sudah ada, seperti yang baru saja didemonstrasikan oleh perusahaan asal Estonia, Milrem Robotics.

Dalam video yang tayang di YouTube, tampak tank otonom mereka yang bernama Type X lalu lalang di medan yang cukup sulit. Tank ini mempunyai teknologi kecerdasan buatan alias AI sehingga mampu beroperasi sendiri tanpa bantuan manusia.

"Tank ini membuat tentara bisa menembus pertahanan lawan dengan risiko yang minimal dan dengan kekuatan yang sama atau malah lebih baik (dari tank konvensional)," klaim perusahaan itu beberapa waktu silam.

Seperti dikutip detikINET dari Futurism, tank ini bernavigasi dan mendeteksi halangan secara mandiri berkat kecerdasan buatan yang dimilikinya itu. Ia dapat dipasang dengan berbagai jenis persenjataan seperti meriam, rudal bahkan drone.

Dalam tayangan di video, tank Type X dipadukan dengan meriam 30 mm buatan perusahaan asal Norwegia, Kongsberg Defenseand Aerospace. Terlihat tank otonom itu mampu menembak target yang adalah mobil dan obyek lainnya dengan presisi.

Mungkin di masa depan, tank dan kendaraan tempur otonom semacam ini akan semakin diminati dan jamak dimanfaatkan di medan laga. Apalagi karena tidak perlu dikendalikan langsung oleh manusia, maka bisa meminimalisir korban jiwa.

"Anda ingin mengirimkan tank otonom ini ke posisi paling berbahaya karena di dalamnya tidak ada manusia. Jika tank ini dihancurkan pun, setiap orang yang berada di belakangnya akan tetap aman," kata Gert Henkewitz, direktur Milrem. Berikut ini videonya:



Simak Video "Detik-detik Pasukan Ukraina Hancurkan Tank Tempur Tercanggih Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)