Siap-siap! Internet Explorer Besok Rabu Pensiun

Siap-siap! Internet Explorer Besok Rabu Pensiun

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 14 Jun 2022 13:48 WIB
The logo of Microsoft Corp.s Internet Explorer 9 is displayed on a computer monitor in Washington, D.C., U.S., on Tuesday, March 15, 2011. Microsoft released a speedier version of its Internet Explorer browser that adds privacy controls and video features, a bid to regain market share lost to Firefox and Google Inc.s Chrome. Photographer: Andrew Harrer/Bloomberg via Getty Images
Siap-siap! Internet Explorer Akan Resmi Dimatikan Besok Foto: GettyImages
Jakarta -

Satu lagi produk teknologi yang lekat dengan anak 90-an akan dipensiunkan. Kali ini giliran Internet Explorer yang akan dimatikan oleh Microsoft pada 15 Juni 2022.

Dimatikannya Internet Explorer sebenarnya bukan sesuatu yang mengejutkan. Microsoft sudah mengumumkan sejak tahun 2020 bahwa Internet Explorer akan dihilangkan dari sebagian besar versi Windows 10 dan selama beberapa bulan terakhir telah mengingatkan pengguna untuk berhenti menggunakannya.

Setelah mencapai akhir hidupnya, aplikasi desktop Internet Explorer akan dinonaktifkan. Internet Explorer nantinya akan digantikan oleh Microsoft Edge yang berbasis Chromium, dan pengguna yang membuka Internet Explorer 11 akan langsung diarahkan ke Edge.

Internet Explorer akan dipensiunkan di Windows 10 client SKU (versi 20H2 dan setelahnya) dan Windows 10 IoT (versi 20H2 dan setelahnya). Setelah 15 Juni 2022, Internet Explorer masih akan tersedia di Windows 7 ESU, Windows 8.1, dan semua versi Windows 10 LTSC client, IoT, dan Server.

"Aplikasi desktop Internet Explorer (IE) qq akan menghentikan dukungannya untuk channel semi tahunan Windows 10 mulai 15 Juni 2022," kata Microsoft dalam laman khusus Internet Explorer, seperti dikutip dari Bleeping Computer, Selasa (14/6/2022).

"Untuk sistem operasi yang didukung, Internet Explorer 11 akan terus menerima update keamanan dan dukungan teknis untuk siklus hidup versi Windows yang diinstal," sambungnya.

Aplikasi desktop Internet Explorer sendiri tidak tersedia di Windows 11, karena Microsoft menetapkan Microsoft Edge sebagai browser default di sistem operasi terbarunya. Tapi Internet Explorer masih akan hidup di IE Mode yang bisa diakses lewat Edge.

Microsoft akan memberi dukungan untuk IE Mode di Edge hingga 2029 untuk memberikan waktu bagi para developer untuk memodernisasi aplikasi lama dan pada akhirnya dimatikan.

Internet Explorer juga sudah tidak didukung oleh beberapa aplikasi dan produk Microsoft. Misalnya, pada 30 November 2020 Microsoft menghentikan dukungan untuk Internet Explorer di Teams, diikuti dengan penghentian dukungan untuk Microsoft 365 pada 17 Agustus 2021.

Microsoft pertama kali mengenalkan Internet Explorer pada tahun 1995 sebagai add-on untuk Windows 95. Sejak saat itu Internet Explorer menjadi browser default di berbagai versi Windows setelahnya.

Internet Explorer mencapai puncak popularitasnya pada tahun 2003, dengan pangsa pasar mencapai 95%. Sejak saat itu, Internet Explorer mulai padam pamornya karena kalah bersaing dengan browser lainnya.

Versi terbaru dan terakhir Internet Explorer (IE 11) diluncurkan pada Oktober 2013. Pada 2015, Microsoft mulai mem-bundling Windows 10 dengan Edge dan sejak saat itu usia Internet Explorer tinggal menghitung waktu.



Simak Video "Internet Explorer Pensiun Setelah 27 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)