Duh, Microsoft Sebar Windows 11 ke PC yang Tak Kompatibel

ADVERTISEMENT

Duh, Microsoft Sebar Windows 11 ke PC yang Tak Kompatibel

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 11 Jun 2022 21:00 WIB
Windows 11
Foto: Microsoft
Jakarta -

Microsoft saat ini tengah menjajal pembaruan besarnya untuk Windows 11, yang sejatinya ditujukan untuk para penguji beta. Namun malah tersebar ke PC yang tak kompatibel.

Windows 11 update (22H2), nama resmi pembaruan tersebut, sebenarnya baru tersedia dalam versi Release Preview, yang ditujukan untuk para penguji beta di Windows Insider. Namun banyak pengguna Twitter dan Reddit yang menemukan kesalahan Microsoft tersebut.

Ada ratusan Windows Insiders yang bisa memperbarui PC Windows 10-nya yang memakai prosesor jadul ke Windows 11. Padahal, Microsoft punya persyaratan ketat untuk bisa menginstal Windows 11, yang membuat jutaan PC di dunia tak bisa menggunakan OS terbaru Microsoft tersebut.

Salah satu persyaratan tersebut adalah Windows 11 membutuhkan setidaknya prosesor Intel generasi ke-8 (Coffee Lake) atau AMD Zen 2, dengan pengecualian yang sangat sedikit.

Meski sebenarnya ada cara mudah untuk mengakali persyaratan ini, khusus Windows Insiders hal tersebut tak bisa dilakukan. Jadi, Windows Insiders benar-benar tak bisa menginstal Windows 11 jika PC-nya tak memenuhi syarat. Jadi kesalahan Microsoft yang menyebar pembaruan tersebut terbilang aneh.

Microsoft sudah menyadari kesalahan ini dan mengaku tengah menginvestigasinya. "Ini adalah sebuah bug dan saat ini sedang diinvestigasi oleh tim," tulis Microsoft lewat akun Twitter resmi Windows Insider.

Khusus untuk pengguna yang sudah terlanjur memperbarui PC-nya -- yang tak kompatibel -- ke Windows 11, mereka bisa melakukan rollback ke Windows 10 Release Preview lewat opsi di menu pengaturan Windows 11.

Kendati membawa banyak pembaruan, Windows 11 bukan menjadi sistem operasi yang paling inovatif. Predikat tersebut malah disematkan pada Windows 7, bahkan pengguna menilainya paling sukses dari varian Windows yang pernah dirilis Microosoft.

Demikian hasil survei kecil-kecilan yang dilakukan Windows Central menyambut ulang tahun ke-30 Windows 3.1 belum lama ini. Mereka ingin melihat penilaian pengguna Windows varian mana yang dinilai pengguna sebagai yang paling inovatif dan tersukses.

Ada 4.000 orang yang mengikuti survei tersebut. Ada sebanyak 964 suara atau 24,86% yang mengaggap Windows 7 terinovatif dan paling sukses. Alasannya, sistem operasi tersebut dinilai punya user interface yang indah dari bahasa desain Aero Glass, yang membuat Windows 7 langsung meraih ketenaran sejak diluncurkan.



Simak Video "Microsoft Office Bakal Segera Pensiun"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT