Hacker Dapat Duit Rp 11,6 Miliar Usai Bobol Windows 11

Hacker Dapat Duit Rp 11,6 Miliar Usai Bobol Windows 11

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 29 Mei 2022 07:15 WIB
Insikt Group: Hacker yang Disponsori Pemerintah Cina Targetkan Asia Tenggara dan Indonesia
Hacker Dapat Hadiah Rp 11,6 Miliar Usai Bobol Windows 11 dan Teams Foto: DW (News)
Jakarta -

Hacker kelas kakap biasanya jadi buronan polisi, apalagi jika targetnya perusahaan besar seperti Microsoft, Apple, Mozilla, dan sebagainya. Tapi sekelompok hacker yang berhasil bobol Windows 11 dan Microsoft Teams malah diganjar hadiah USD 800.000 atau Rp 11,6 miliar.

Hacker-hacker tersebut merupakan kontestan lomba hacking Pwn2Own yang digelar pekan lalu. Dalam gelaran kontes ke-15 yang diadakan di Vancouver, Kanada, tim hacker berhasul menemukan puluhan bug zero-days di produk populer seperti Windows 11, Firefox, Oracle Virtualbox, dan lain-lain.

Pwn2Own Vancouver 2022 adalah kompetisi hacking yang berlangsung selama tiga hari dan disponsori langsung oleh perusahaan teknologi ternama seperti Microsoft, Zoom, dan masih banyak lagi, seperti dikutip dari PC Gamer, Minggu (29/5/2022).

Tim hacker atau peneliti keamanan ditantang untuk mencari celah zero-days di software milik perusahaan-perusahaan tersebut untuk memenangkan hadiah uang dengan total jutaan dolar.

Sebenarnya praktek seperti ini sudah biasa. Banyak perusahaan yang memiliki program bug bounty yang menjanjikan hadiah bagi hacker jika mereka berhasil menemukan celah keamanan yang belum terdeteksi sebelumnya. Bedanya, Pwn2Own skalanya lebih besar dan lebih bergengsi.

Hadiah uang Rp 11,6 miliar yang dimenangkan hacker itu hanya dari hari pertama Pwn2Own. Di hari kedua, kontestan berhasil membawa pulang USD 195.000 (Rp 2,8 miliar) setelah mendemonstrasikan celah keamanan di sistem hiburan Tesla Model 3, Ubuntu Desktop, dan Windows 11.

Di hari ketiga dan terakhir, tim hacker meraup USD 160.000 setelah melumpuhkan Windows 11 dan Ubuntu Desktop. Secara total, kompetisi ini membagikan hadiah sebesar USD 1,15 juta atau sekitar Rp 16,8 miliar kepada 17 kontestan.

Setelah celah keamanan berhasil dieksploitasi dan dilaporkan selama kompetisi Pwn2Own, perusahaan memiliki waktu hingga 90 hari untuk merilis perbaikan sebelum diungkap secara publik oleh Trend Micro.



Simak Video "Cara Melindungi HP dari Serangan Hacker "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)