Sepak Terjang Kevin Aluwi Bangun Gojek Jadi Perusahaan Teknologi Dunia

ADVERTISEMENT

Sepak Terjang Kevin Aluwi Bangun Gojek Jadi Perusahaan Teknologi Dunia

Erika Dyah Fitriani - detikInet
Senin, 06 Jun 2022 20:25 WIB
Kevin Aluwi
Foto: dok. Gojek
Jakarta -

Co-founder dan CEO Gojek sekaligus Direktur PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Kevin Aluwi akan memasuki transisi dari jabatan eksekutif. Ia akan memperkuat jajaran dewan komisaris GoTo.

Sebagaimana diketahui, GoTo merupakan ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mengintegrasikan layanan on-demand Gojek, e-commerce Tokopedia, dan fintech GoTo Financial. Termasuk juga dompet digital GoPay.

Langkah Kevin ini selaras dengan founder Tokopedia William Tanuwijaya yang lebih dahulu menjadi Komisaris GoTo sejak tahun 2021 lalu.

Adapun rencana transisi Kevin dari jajaran direktur GoTo yang bergabung dalam jajaran komisaris GoTo akan menjadi bagian dari agenda Rapat Umum Pemegang Saham (RUPST) GoTo. Rencananya rapat ini akan digelar pada 28 Juni 2022 mendatang sesuai dengan panggilan RUPST yang telah diumumkan pada di situs Bursa Efek Indonesia (BEI).

Setelah mendapatkan persetujuan pemegang saham untuk menduduki posisi anggota komisaris GoTo, tanggung jawab Kevin sebagai CEO Gojek akan diambil alih oleh Andre Soelistyo yang merupakan CEO GoTo Group.

Diketahui, Kevin telah berhasil membangun tim manajemen yang solid di Gojek. Sehingga ke depannya, Andre akan bekerja secara erat dengan tim manajemen di Gojek yang akan menjalankan rencana strategis dari bisnis on-demand GoTo.

Sebagai komisaris GoTo nantinya, Kevin mengaku akan tetap mewakili Gojek untuk inisiatif pengembangan kendaraan listrik. Hal ini sejalan dengan komitmen GoTo untuk mencapai nol karbon di tahun 2030 nanti untuk turut mendukung program 'Indonesia Hijau' pemerintah.

"Setelah hampir satu dekade memimpin Gojek, saya merasa ini waktu yang tepat untuk mengambil peran lebih strategis yang tidak bersinggungan langsung dengan operasional sehari-hari," kata Kevin dalam keterangan tertulis, Senin (6/6/2022).

"Dalam kapasitas sebagai komisaris nanti, saya akan terlibat di level strategis bersama dengan manajemen GoTo untuk memastikan tercapainya visi dan misi perusahaan. Di saat yang sama, saya juga akan memiliki waktu lebih untuk mengembangkan minat pribadi di bidang teknologi," ungkapnya.

Kevin menambahkan dirinya sangat ingin membangun teknologi yang bermanfaat dan dapat membuat dunia menjadi lebih baik. Adapun beberapa area diminati dan ingin ia eksplorasi lebih dalam antara lain bidang web3, gaming, dan climate tech.

Deretan Pencapaian Kevin Aluwi



Simak Video "Dua Wanita Tangguh Perwakilan Mitra GoTo di Panggung Dunia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT