Skenario Horor Perang Nuklir, 90 Juta Orang Langsung Terkapar

Skenario Horor Perang Nuklir, 90 Juta Orang Langsung Terkapar

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 27 Mei 2022 13:05 WIB
Skenario perang nuklir
Skenario Horor Perang Nuklir, 90 Juta Orang Langsung Terkapar. Foto: Princeton
Jakarta -

Perang nuklir jelas menjadi ancaman yang sangat berbahaya. Karena itu, baik Rusia maupun negara barat yang memilikinya menahan diri dan sejauh ini hanya menggertak. Skenario perang nuklir memang mengerikan.

Simulasi perang nuklir pernah digelar oleh akademisi di Princeton University beberapa waktu yang lalu. Menggunakan data dari website Nukemap, simulasi itu dikembangkan untuk memberi kesadaran tentang bahaya nuklir.

Jika terjadi konflik yang melibatkan senjata dahsyat itu, khususnya antara Amerika Serikat dan NATO melawan Rusia, maka puluhan juta jiwa bisa langsung tewas atau terluka dalam beberapa jam saja.

"Diestimasi bahwa akan ada lebih dari 90 juta orang tewas dan terluka hanya dalam beberapa jam pertama konflik nuklir," kata mereka seperti dikutip detikINET dari Express.

Simulasi itu mendemonstrasikan bagaimana konflik antara Rusia dan AS bisa bereskalasi dari perang konvensional menjadi konflik nuklir. "Proyek ini dimotivasi oleh perlunya menggarisbawahi potensi konsekuensi merusak dalam rencana perang nuklir AS dan Rusia saat ini," sebut mereka.

Simulasi dikembangkan berdasarkan kekuatan nuklir yang sebenarnya serta potensi target serangan. Dalam skenario ini, Rusia mulai melancarkan senjata nuklir pada basis NATO dan menimbulkan kerusakan dahsyat.

Periset di Princeton memperkirakan dalam 3 jam pertama, korban akan mencapai 2,6 juta jiwa. NATO kemudian membalas serangan ke sistem persenjataan Rusia. Kemudian ditembakkan pula nuklir ke kota Rusia yang padat penduduk.

"Rusia dan NATO masing-masing mengincar 30 kota yang paling banyak penduduknya dan juga pusat ekonomi, menggunakan 5 sampai 10 hulu ledak di setiap kota, tergantung berapa jumlah penduduknya."

Dengan demikian, penduduk sipil pun tidak luput dari incaran oleh kedua belah pihak. Dalam titik ini, jumlah korban bisa mencapai hampir 90 juta jiwa secara global akibat perang nuklir.

Halaman selanjutnya, kekuatan bom nuklir modern yang mengerikan>>>