Raih Best Workplace, Ini Rahasia Tokopedia Diminati Pencari Kerja

Raih Best Workplace, Ini Rahasia Tokopedia Diminati Pencari Kerja

Atta Kharisma - detikInet
Rabu, 25 Mei 2022 13:30 WIB
Gedung Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia baru-baru ini menerima penghargaan Top 10 Best Workplace (Top of Mind) pada Indonesian Employer of Choice Award 2022 dari SWA Magazine & Korn Ferry. Pencapaian ini dinilai menjadi bukti Tokopedia merupakan salah satu perusahaan yang paling diminati para pencari kerja di Indonesia.

Berdasarkan survei Job Seeker yang diselenggarakan oleh Korn Ferry pada 2021-2022, Tokopedia terpilih sebagai salah satu perusahaan dambaan para pencari kerja di Indonesia. Selain Tokopedia, perusahaan lain yang turut meraih Top 10 Best Workplace antara lain Bank BCA, Pertamina, Unilever, Telkom Indonesia dan Bank Mandiri.

Terkait pencapaian tersebut, VP of People and Office Management Tokopedia Nanang Chalid mengungkapkan Tokopedia menerapkan employer branding yang tak hanya sekadar menggaet talenta-talenta terbaik demi mendukung perkembangan bisnis. Tapi, juga bagaimana menginspirasi para Nakama (karyawan Tokopedia) serta calon Nakama untuk senantiasa berkontribusi positif bagi Indonesia melalui teknologi.

"Strategi employer branding yang berkelanjutan sangat penting dalam rangka membangun citra perusahaan yang kuat dan unggul di mata nakama (karyawan Tokopedia) dan calon Nakama yang mayoritas merupakan generasi muda," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (25/5/2022).

Adapun program eksternal Tokopedia mencakup Product Acceleration Program, Tokopedia Goes to Campus, DevCamp dan Data Challenge. Program employer branding Tokopedia tersebut diwujudkan dengan memanfaatkan berbagai kanal digital sebagai sarana komunikasi. Program-program unggulannya terbagi menjadi dua kategori, yakni internal dan eksternal.

"Bersama Technology Leadership Team, kami juga mendukung Tokopedia Academy sebagai platform yang diharapkan mencetak lebih banyak lagi talenta digital Indonesia," ucap Nanang.

Tak hanya melalui platform digital, peran aktif Nakama turut berkontribusi dalam mewujudkan program-program employer branding tersebut. Nakama ikut berpartisipasi baik sebagai individu maupun melalui komunitas internal.

Saat ini, Tokopedia sudah memiliki lebih dari 6.000 Nakama yang 100% bekerja dari rumah (work from home).

"Kebijakan ini sudah kami terapkan sejak awal pandemi pada Maret 2020, guna mendukung kesehatan dan keselamatan setiap Nakama kami," pungkas Nanang.

Survei Job Seeker 2021-2022 yang digelar Korn Ferry ini melibatkan 4.800 responden yang terdiri atas mahasiswa (82%) dan karyawan dengan pengalaman 2 tahun (18%) dari sejumlah lokasi, di antaranya Jabodetabek (33% responden), Bandung (24%), Jateng-Yogyakarta (21%), Jawa Timur (22%).

Adapun pertimbangan responden dalam memilih tempat bekerja didasarkan pada sejumlah alasan, seperti citra perusahaan (60%), gaji (37%), karier (37%), peminatan (36%), benefit (28%), lainnya (25%), tempat/suasana Kerja (10%), serta fasilitas (8%).



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)