HUT Surabaya, Tokopedia Beri Pelatihan-Bantu UMKM Urus Izin Usaha

HUT Surabaya, Tokopedia Beri Pelatihan-Bantu UMKM Urus Izin Usaha

Jihaan Khoirunnisa - detikInet
Senin, 23 Mei 2022 20:00 WIB
Tokopedia bersama Pemerintah Kota Surabaya menggelar pelatihan Kelas Maju Digital bagi pelaku UMKM, pemilik warung hingga toko kelontong.
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia bersama Pemerintah Kota Surabaya menggelar pelatihan 'Kelas Maju Digital' bagi pelaku UMKM, pemilik warung hingga toko kelontong. Kegiatan ini dalam rangka menyambut HUT Kota Surabaya yang ke-729.

Diketahui, pelatihan ini dibuka oleh Ketua Dekranasda Kota Surabaya Rini Indriyani, didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya Bapak Fauzie Mustaqiem Yos dan Emmiryzan selaku Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia.

"Sebagai platform digital yang terus berkomitmen memajukan UMKM lokal dan mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhannya, Tokopedia terus berinovasi menghadirkan berbagai inisiatif dalam bentuk kolaborasi dengan pemerintah maupun dalam bentuk berbagai program-program dan kampanye yang sedang dan akan berjalan," ujar Emmiryzan dalam keterangan tertulis, Senin (23/5/2022).

"Kami berharap melalui ini, Tokopedia dapat secara aktif mendukung serta memajukan ekonomi dan UMKM di Kota Surabaya," lanjutnya.

Dikatakan Emmiryzan, pelatihan bagi pelaku usaha tersebut telah berlangsung pada 18-20 Mei 2022. Menurutnya acara ini terdiri dari rangkaian kegiatan, di antaranya pelatihan Literasi Keuangan Digital pada Rabu (18/5). Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan serta pemanfaatan teknologi finansial bagi para UMKM.

"Untuk pertama kalinya, Tokopedia memberi pelatihan Literasi Keuangan Digital tentang Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, dan Akuntansi Sederhana kepada UMKM Kota Surabaya," terangnya.

Selain itu, bersama Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya pihaknya juga mengajak para pemilik warung dan Toko Kelontong merchant E-Peken untuk bisa bergabung menjadi Mitra Tokopedia. Diketahui, E-Peken merupakan aplikasi platform berbasis web mobile yang menghadirkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun Toko Kelontong untuk memudahkan masyarakat berbelanja kebutuhan pokok.

Menurutnya dengan menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia, pemilik warung bisa menyetok barang dagangan dengan lebih cepat dan efisien. Di samping itu juga bisa berjualan produk digital seperti pulsa, paket data, token dan listrik, pembayaran PDAM, BPJS, uang sekolah dan kuliah dan masih banyak lagi.

Emmiryzan mengatakan Dinas Kesehatan Kota Surabaya memfasilitasi UMKM Tokopedia di Kota Surabaya untuk mengikuti Sertifikasi Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP), sebagai salah satu prasyarat mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Siola, Kota Surabaya.

"Hal ini tentunya merupakan salah satu dukungan Tokopedia akan keberlangsungan usaha para UMKM di bidang makanan dan minuman agar tetap terus memperluas ekspansi bisnis mereka di Tanah Air," tuturnya.

Dikatakannya, Tokopedia berkolaborasi dengan Garda Transfumi (Transformasi Formal Usaha Mikro) yang merupakan program pendampingan dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), memfasilitasi pembuatan Nomor Induk Berusaha (OSS NIB) melalui sistem Online Single Submission (OSS) bagi merchant Tokopedia di Kota Surabaya. Adapun manfaat yang bisa didapat, antara lain lebih mudah mengakses pembiayaan (perbankan), lebih mudah mengakses program bantuan dari pemerintah dan memiliki kepastian atau perlindungan hukum terhadap usaha.

"Melalui kolaborasi dengan Dekranasda Kota Surabaya, saat ini Surabaya Kriya Galeri memiliki toko online secara eksklusif di Tokopedia," katanya.

Spesial HUT Surabaya, lanjut dia, masyarakat juga dapat menikmati promo PBB HUT Surabaya. Caranya yaitu dengan menggunakan kode promo PBBSURABAYA untuk mendapatkan cashback hingga Rp 15 ribu untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Kota Surabaya selama periode 31 Mei - 30 Juni 2022

"Tokopedia bersama Pemerintah Kota Surabaya lain terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk membantu UMKM Surabaya meningkatkan daya saing bisnis lewat teknologi," terangnya.

Hal itu dilakukan melalui kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang meliputi pesta diskon, voucher cashback dan gratis ongkir. Selain itu, melalui inisiatif hyperlocal Tokopedia juga terus berupaya mempermudah masyarakat Kota Surabaya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, meningkatkan penjualan produk UMKM asal Kota Surabaya, serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyambut baik kolaborasi bersama Tokopedia. Ia menilai penting peranan UMKM dalam menggerakkan perekonomian di Kota Surabaya.

"Maka dari itu, penting bagi semua UMKM di kota ini untuk dapat bangkit kembali di masa situasi pandemi COVID-19 yang mulai melandai ini. Untuk mendukung para UMKM dan mendorong pemulihan ekonomi lokal, kolaborasi pemerintah dengan berbagai pihak seperti Tokopedia dirasa sangatlah penting," tandasnya.



Simak Video "Go Digital, Pasar Tradisional di Jawa Barat Jangkau Pelanggan Hingga Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)