Kemenparekraf-Tokopedia Dukung UMKM Lewat Festival #DiIndonesiaAja

Kemenparekraf-Tokopedia Dukung UMKM Lewat Festival #DiIndonesiaAja

Inkana Putri - detikInet
Selasa, 26 Apr 2022 16:47 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar program Live Shopping Festival #DiIndonesiaAja. Program ini bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja dan mendorong kebangkitan ekonomi melalui promosi produk ekonomi kreatif serta UMKM dari seluruh Indonesia.

Digelar melalui Tokopedia Play pada 16 April 2022, Warung Rojali edisi kali ini menghadirkan Menparekraf Sandiaga Uno dengan mengusung tema '#DiIndonesiaAja Bareng Mas Menteri'. Adapun tema ini menggabungkan kampanye #BeliKreatifLokal dan direpresentasikan dalam penjualan produk terkurasi UMKM Women In Style di sektor fashion.

Kampanye ini juga tergabung dengan kampanye #DiIndonesiaAja berupa wisata virtual di Bali dan 2 DPSP lain, yaitu Danau Toba dan Candi Borobudur dan berlangsung selama 11 - 18 April 2022. Sandiaga berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membeli produk lokal.

"Yang ingin saya garis bawahi adalah kita semua harus membeli produk ekonomi kreatif lokal yang harus di-support oleh kita sendiri" jelas Sandiaga dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/2022).

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menjelaskan melalui acara ini, promosi dilakukan secara interaktif melalui live shopping di Tokopedia Play. Selain mempromosikan produk UMKM, acara ini juga sekaligus mempromosikan destinasi desa wisata di Bali dan 2 lokasi DPSP, yakni Candi Borobudur dan Danau Toba.

Beragam produk dari sejumlah pelaku usaha pun dipromosikan. Beberapa di antaranya Tutu and Co dan Segi Jewelry yang merupakan brand perhiasan dari Bali; Dowa, Amazara, Adinata Batik, Ethnic.Co, dan Dagadu dari daerah Joglosemar yang merepresentasikan DPSP Candi Borobudur; serta Sekka Craft dan Guzzini dari Medan yang merepresentasikan DPSP Danau Toba.

Hingga akhir acara, terdapat lebih dari 24 ribu penonton yang ikut menyaksikan Live Shopping ini. Bahkan produk dari pegiat usaha seperti Tutu and Co dan Guzzini habis selama acara berlangsung. Ia pun berharap acara Warung Rojali Live Sale di Tokopedia dapat menjadi awal kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja melalui promosi subsektor ekonomi kreatif Indonesia.

"Melalui kolaborasi seperti ini, kami berharap bisa terus memberikan panggung seluas-luasnya bagi para pelaku UMKM lokal di industri ekonomi kreatif seperti fesyen, kriya dan kuliner sehingga bisa menjadi raja di negeri sendiri, sekaligus terus memajukan perekonomian nasional," katanya.

Di sisi lain, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Yuana Rochma Astuti mengapresiasi atas dukungan Tokopedia dalam berbagai kesempatan. Menurutnya, dukungan pemerintah bersama marketplace dalam memasarkan produk-produk brand lokal sejalan dengan kampanye gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang kini ini terus dilakukan pemerintah.

Ia juga berharap masyarakat Indonesia dapat bangga dan terus berbelanja produk lokal Indonesia sebagai upaya dalam menjaga perekonomian bangsa.



Simak Video "Tokopedia Care Hadir di Yogyakarta, Dukung Talenta Digital DIY"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)