Rusia Ancam Tembakkan Rudal Setan Untuk Hantam AS dan Inggris

Rusia Ancam Tembakkan Rudal Setan Untuk Hantam AS dan Inggris

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 16 Mei 2022 16:30 WIB
Rudal Sarmat
Uji coba rudal Sarmat atau sering dijuluki rudal Setan II. Foto: AP
Jakarta -

Tensi antara Rusia dengan NATO, khususnya dengan Amerika Serikat dan Inggris semakin tinggi. Apalagi tetangga Rusia, Finlandia yang semula negara netral, telah serius menunjukkan keinginannya untuk bergabung dengan NATO. Ancaman perang dengan senjata teknologi terkini pun makin mengintai.

Jika Finlandia meninggalkan statusnya sebagai negara netral, Rusia mengaku merasa terancam. Bahkan ada pejabat Rusia menyatakan akan mengerahkan rudal hipersonik seperti Sarmat yang juga dijuluki Satan 2 atau rudal setan yang diklaim tinggi teknologinya serta berhulu ledak nuklir.

Kremlin menyatakan bahwa adalah kesalahan jika Finlandia bergabung dengan NATO karena sebenarnya Rusia tidak berniat membahayakan mereka.

"Perubahan semacam itu dalam kebijakan luar negeri Finlandia akan berdampak negatif terhadap relasi Rusia dan Finlandia, yang dibangun dengan semangat bertetangga yang baik dan kemitraan selama bertahun-tahun," sebut Kremlin.

Namun serangan ke Ukraina mungkin membuat Finlandia tidak merasa tenang bertetangga dengan Rusia sehingga mereka ingin gabung ke NATO. Mengenai hal ini, Aleksey Zhuravlyov dari komite pertahanan Rusia dan salah satu orang kepercayaan Putin, melontarkan pernyataan keras.

Ia menilai Finlandia bisa menjadi ancaman buat Rusia dan juga dalangnya, Amerika serikat. "Jika Amerika Serikat mengancam negara kami, ini ada rudal Sarmat untuk kalian dan akan ada abu nuklir di pihak kalian jika kalian berpikir Rusia tidak boleh eksis," kata dia.

"Dan Finlandia berkata bahwa rudal ini adalah untuk Amerika. Well, kalian juga bisa antre (ditembak)," tambahnya seperti dikutip detikINET dari New York Post.

"Kami bisa menembak dengan Sarmat dari Siberia dan bahkan bisa menjangkau Inggris. Jika kami meluncurkannya dari Kaliningrad, kecepatan hipersoniknya adalah 200 detik (sampai ke Inggris)," ancamnya.

Kemudian, Finlandia menurutnya juga bisa ditembak dengan rudal Kinzhal yang bisa menjangkau negara itu hanya sekitar 20 detik. "Atau bahkan 10 detik," umbarnya.

Halaman selanjutnya, teknologi rudal setan>>>