Apple AirTag Bantu Pengguna Temukan Gadget Fotografi yang Dicuri

Apple AirTag Bantu Pengguna Temukan Gadget Fotografi yang Dicuri

Josina - detikInet
Jumat, 13 Mei 2022 11:00 WIB
AirTag
Foto: dok Apple
Jakarta -

AirTag produk dari Apple ini bisa menjadi cara yang sederhana dan hemat biaya untuk menemukan barang yang hilang atau dicuri.

Pria bernama Grahaam Tait yang merupakan fotografer berbasis Australia, dilaporkan telah kehilangan perlengkapan fotografinya senilai USD 7.000 atau sekitar Rp 102 juta dari mobilnya di tempat parkir hotel ia menginap.

"Mobil saya dibobol saat kami bepergian di Flinders Ranges tadi malam dan mereka mengambil tas laptop dan kamera, keduanya dilengkapi AirTag," ujar Tait sebagaimana dikutip detikINET dari 9to5mac.

AirTag adalah pelacak item berbentuk koin yang terintegrasi dengan aplikasi Find My Apple. Jika item yang ditempelkan dengan AirTag hilang, pemilik dapat menggunakan iPhone, iPad, atau Mac mereka untuk melacak keberadaannya.

Beruntung bagi Tait, dia memiliki AirTag yang dilampirkan ke beberapa item. Dia kemudian membuka aplikasi Find My dan menemukan lokasi perlengkapannya yang dicuri.

Untungnya, setelah menelepon polisi, semua barangnya kembali termasuk dompet, kamera, laptop, dan GoPro. Barang-barang itu ditemukan di sebuah kamar di hotel tempat dia menginap.

Sebelumnya banyak pemberitaan negatif terhadap AirTag yang digunakan secara kriminal dari penguntitan hingga pencurian. Demikain Apple melakukan sejumlah perbaikan dan pembaruan terbaru seperti peringatan privasi bagi pengguna AirTag baru.

Sebuah pesan muncul di perangkat pengguna yang mengatakan bahwa AirTag dimaksudkan untuk melacak barang-barang, bukan manusia, dan bahwa penegak hukum dapat meminta informasi pengguna untuk dilacak ke ID Apple.

Tak hanya itu sebelumnya juga laporan terbaru tentang AirTag 'hantu', yang menyebabkan pengguna percaya bahwa AirTag yang tidak dikenal ada di antara mereka. Namun, pembaruan firmware baru memberikan peringatan yang dapat didengar saat pengguna terkena AirTag yang tidak dikenal, sehingga lebih mudah ditemukan.

Sebagai diketahui di pengguna di Indonesia sudah dapat membeli produk Airtag. Dipantau detikINET pada laman ibox Indonesia terdapat paket AirTag yang sudah bisa dibeli yakni AirTag Leather Key Ring, AirTag Loop, AirTag Leather Loop. Di Indonesia, Apple mematok harga AirTag mulai dari Rp 449.000 hingga Rp 1.499.000 untuk varian tertinggi.



Simak Video "Selamat Tinggal, iPod Touch!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)