Indosat Gelar Program SheHacks untuk Dukung Perempuan di Bidang Teknologi

Indosat Gelar Program SheHacks untuk Dukung Perempuan di Bidang Teknologi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 24 Apr 2022 08:00 WIB
Indosat Ooredoo Hutchison kembali mengadakan SheHacks, program inkubasi khusus perempuan
Indosat Gelar Program SheHacks untuk Dukung Perempuan di Bidang Teknologi Foto: dok. Indosat Ooredoo Hutchison
Jakarta -

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) kembali mengadakan program SheHacks pada tahun 2022. Program inkubasi yang ditujukan khusus untuk perempuan ini diselenggarakan untuk mengurangi kesenjangan gender di dunia teknologi.

Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan saat ini kesenjangan gender merupakan salah satu masalah yang cukup besar di Indonesia dan untuk mewujudkan kesetaraan dibutuhkan upaya yang besar.

"Kalau kita lihat dari global gender gap tahun 2021 kemarin Indonesia ada ranking 101 dari kesempatan yang diberikan ke perempuan untuk ke arah STEM, ke arah teknologi, ke arah informatika, ke arah pendidikan," kata Steve dalam peluncuran program SheHacks 2022, Jumat (22/4/2022).

Hal ini diamini oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga. Dalam kesempatan yang sama, Bintang mengungkap besarnya ketimpangan jumlah kepemilikan ponsel dan komputer antara perempuan dan laki-laki di Indonesia.

"Terkait dengan penggunaan telepon seluler berdasarkan data BPS 2020, kepemilikan telepon seluler permpuan 10,61% lebih rendah dari laki-laki. Jumlah pengguna komputer juga cukup timpang antara perempuan dan laki-laki. Pada tahun 2020 tercatat pengguna komputer perempuan hanya 13,62% sedangkan laki2 mencapai 14,67%," jelas Bintang.

Tidak hanya soal kepemilikan perangkat, perempuan Indonesia juga masih tertinggal dalam pengetahuan soal teknologi. Banyak perempuan enggan terjun ke dunia STEM karena masih didominasi laki-laki. Alhasil, jumlah perempuan yang lulus pendidikan STEM tingkat tinggi di Indonesia hanya 37%, dibandingkan 63% lulusan laki-laki.

Untuk itu, Indosat berupaya menjembatani kesenjangan itu dengan mengadakan program inkubasi seperti SheHacks. Lewat program ini, perempuan diharapkan bisa mencari solusi dan inovasi dari masalah-masalah seputar ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi digital.

SheHacks masih ekslusif menerima pendaftar perempuan, tapi tahun ini ada yang berbeda karena tidak ada lagi batasan usia untuk pendaftar. Kandidat yang tertarik bisa mendaftar secara online lewat SheHacks.id dengan menyertakan proposal yang bisa berbentuk ide atau prototipe produk.

Pendaftar yang terpilih nantinya akan dibagi menjadi dua kategori yaitu 'Ideas' dan 'MVPs' untuk kemudian menerima pendampingan yang sesuai. Finalis yang sudah memiliki prototipe produk berkesempatan mengikuti inkubasi dan demo day.

"Di demo day nanti ada venture capital yang kami undang juga, jadi teman-teman nggak usah khawatir karena kita sudah punya akses, Indosat sudah punya partner yang siap datang baik dari Indonesia atau dari luar," ucap Steve.

Pendaftaran SheHacks telah dibuka mulai 22 April sampai 31 Juli 2022. Seluruh proses pendampingan dan inkubasi akan berlangsung sampai bulan Oktober, di mana finalis terpilih dari kedua kategori berkesempatan memenangkan hadiah total senilai Rp 150 juta.

"Ada grand prize Rp 150 juta tapi jangan lihat Rp 150 jutanya, tapi lihat kesempatan untuk mendapat pendampingan dan mentoring selama proggram SheHacks," pungkas Steve.



Simak Video "Tok! Kominfo Setujui Merger Indosat dan Tri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)