Warganet Murka Reog Ponorogo Mau Diklaim Malaysia

Warganet Murka Reog Ponorogo Mau Diklaim Malaysia

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 11 Apr 2022 06:48 WIB
reog ponorogo
Malaysia akan klaim Reog ke UNESCO, warganet Tanah Air pun murka. Foto: Charoline Pebrianti
Jakarta -

Malaysia akan klaim Reog sebagai warisan budayanya ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Upaya tersebut bikin warganet Tanah Air murka di media sosial.

Untuk diketahui wacana Negeri Jiran akan mengajukan Reog ke UNESCO disampaikan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi. Malaysia akan mendaftarkan kesenian Reog Ponorogo sebagai Barongan.

"Untuk Reog, Negara Malaysia rencananya mau ajukan juga, maka dari itu kita harus lebih dulu. Karena ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita," kata Muhadjir belum lama ini.

Mendengar kabar tersebut netizen pun langsung bereaksi keras. Sebab ini bukan kali pertama Malaysia coba mengklaim kebudayaan Indonesia.

"Reog adalah kesenian budaya masyarakat Ponorogo, berdirinya kota sejarah Ponorogo tak akan lepas oleh reog dan warok. Munculnya claim malaysia terhadap Reog adalah hal yang harus di benarkan, bahwa Reog adalah Milik Indonesia,tepatnya di kota Ponorogo," ujar akun @ayub_musthofa.

"Malaysia mah apa apa serumpun, karena menurut mereka melayu itu ya suka jawa minang batak semua dia bilang melayu. Makanya jangan heran mereka sering salah kaprah ttg kepemilikan warisan budaya ky rendang, batik, reog ponorogo dll, ya kt sbg rakyat indo jangan iya" aja lah," tulis akun @Bigwinnersyo.

"loh wkwk gimana deh? di malaysia sejak kapan ada yg namanya budaya reog ponorogo? nama kota ponorogo aja di malaysia gak ada, kecuali di malaysia ada kota ponorogo baru deh anda bisa komen kaya gitu," kata akun @Neversbe1.

"Bayangkan betapa sakit hatinya rakyat Indonesia jika reog Ponorogo yang jelasĀ² budaya ASLI negeri berhasil diklaim Malaysia. Tumannnn.." tegas akun @bairus99.

"Udah jelas banget "Reog Ponorogo" itu adalah kesenian khas dari Provinsi #Jawa Timur.#Malaysia itu selalu aja mengklaim budaya milik negara kita menjadi milik negaranya.#Malaysia itu selalu aja memicu konfrontasi," kata akun @YovieDjody18

Netizen pun mendesak pemerintah untuk segera mengajukan Reog Ponorogo sebagai warisan budaya Indonesia. Tagar #savereogponorogo pun menggema di medsos.

Tak hanya itu petisi Save Reog Ponorogo pun dibuat. Saat ini telah mengumpulkan 18 ribuan tanda tangan dari 25 ribu target yang dibuat oleh Ponorogo Hebat. Bila detikers ingin ikut mendukung bisa mengklik link berikut ini.

Simak Video: Geram Reog Ponorogo Diklaim Malaysia, Ratusan Seniman Gelar Aksi

[Gambas:Video 20detik]




(afr/afr)