Dear Warganet, Kominfo Buka Kelas Public Speaking Gratis

Dear Warganet, Kominfo Buka Kelas Public Speaking Gratis

Angga Laraspati - detikInet
Jumat, 08 Apr 2022 14:31 WIB
Kelas Public Speaking Siberkreasi
Foto: Dok. Siberkreasi
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo) menggelar kelas public speaking gratis untuk masyarakat. Kelas yang digelar melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi ini merupakan bagian dari kampanye digital literasi #MakinCakapDigital.

Kelas bertemakan 'Literasi Digital: Public Speaking Siberkreasi' ini akan diselenggarakan pada tanggal 9 April hingga 14 Mei 2022. Rangkaian kelas daring gratis tersebut akan mendatangkan berbagai tamu ahli sebagai pembicara, serta peserta dapat memperoleh sertifikat setelah menyelesaikan program.

Koordinator Literasi Digital Kementerian Kominfo Rizki Ameliah menuturkan program ini akan berfokus pada edukasi dan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara di depan khalayak banyak, termasuk etika komunikasi dan personal branding.

"Kami yakin, kepercayaan diri yang digabungkan dengan pola pikir yang tepat, dapat menciptakan pondasi yang kuat bagi seseorang untuk mampu mempengaruhi publik di forum daring," ujar Rizki Ameliah dalam keterangan tertulis, Jumat (8/4/2022).

Melalui evolusi teknologi digital, berbicara di depan umum saat ini dapat dilaksanakan melalui smartphone dan komputer yang semakin memudahkan siapapun untuk mengirim pesan dan berpartisipasi dalam berbagai dialog aktif. Karenanya penting untuk memastikan akurasi dari informasi yang kita sampaikan karena dampaknya dapat dirasakan oleh semua orang.

Menurut 2021 Edelman Trust Barometer, saat ini marak terjadi information bankruptcy yang umumnya ditemukan di forum-forum daring. Ini adalah fenomena ketika orang merasa kurangnya kualitas informasi yang beredar.

Survei tersebut juga menunjukkan kecakapan yang paling penting dimiliki dalam mengolah konten daring ialah literasi informasi dan pemahaman akan informasi yang bersih. Di sinilah program tersebut hadir untuk mengedukasi masyarakat di Indonesia agar dapat menciptakan konten-konten digital yang berkualitas.

Program ini akan dilaksanakan dalam 2 kelas utama, yang berjudul 'Komunikasi Percaya Diri' dan 'Selalu Siap Bicara', melalui pertemuan Zoom. Kelas-kelas akan diselenggarakan pada tanggal 9 dan 10 April untuk kelas pertama; dan tanggal 16 dan 17 April dengan target audiens masyarakat di seluruh provinsi di Indonesia.

Program ini menargetkan peserta dari berbagai kota di Indonesia, baik dari Sumatera, Jawa, Bali-Nusra, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku-Papua.

Adapun para mentor yang berpartisipasi adalah figur-figur ahli terkemuka seperti Indra Herlambang, Nadia Mulya Addry Danuatmadja, Lenna Tan, Danar Gumilang dan Maria Christy. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan, juga akan hadir sebagai pembicara tamu di program ini.

Selain kelas utama, program ini juga akan menghadirkan 'Accelerated Class' dan 'Advance Class' untuk peserta terpilih yang menunjukkan ketertarikan dan juga kemampuan dalam materi-materi yang diajarkan. Kelas-kelas ini akan dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 April. Setelah selesai, acara wisuda akan digelar pada tanggal 14 Mei 2022.

Untuk informasi lebih lanjut dan acara literasi digital GNLD Siberkreasi lainnya, dapat mengunjungi http://info.literasidigital.id dan mengikuti @siberkreasi di sosial media.

(ads/ads)