Gandeng Siberkreasi dan Spotify, Kominfo Adakan Kelas Podcast

ADVERTISEMENT

Gandeng Siberkreasi dan Spotify, Kominfo Adakan Kelas Podcast

Dea Duta Aulia - detikInet
Rabu, 16 Mar 2022 07:35 WIB
Kominfo
Foto: Kominfo
Jakarta -

Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) dan Siberkreasi bersama Spotify kembali mengadakan Kelas Podcast. Pada Kesempatan kali ini, Kominfo mengangkat tema tentang olahraga.

Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan hadirnya Kelas Podcast tidak terlepas dari tingginya minat masyarakat untuk mendengarkan sumber informasi tersebut. Bahkan, Global Web Index (GWI) menyebutkan Indonesia berada di posisi kedua pendengar podcast terbanyak di dunia per kuartal III 2021 dengan 35,6% dari pengguna internetnya mendengarkan podcast setiap minggu.

"Seiring bertambahnya minat di bidang podcast, maka diperlukan edukasi literasi digital untuk memastikan bahwa penggunanya mampu memanfaatkan platform podcast untuk menghasilkan konten digital yang positif," kata Samuel dalam keterangan tertulis, Selasa (15/3/2022).

Ia mengatakan Kelas Podcast dengan tema olahraga ini nantinya akan diselenggarakan secara daring pada 19 Maret hingga 3 April 2022 mendatang. Adapun kegiatan tersebut akan dibagi menjadi sejumlah sesi yakni Kelas Podcast Sesi Pertama "Pengantar Podcast untuk Olahraga" akan berlangsung pada Sabtu, 19 Maret 2022 dan diisi oleh Tio Prasetyo Utomo (Pendiri Jaringan Podcast Box2Box).

Untuk Sesi Kedua (Minggu, 20 Maret 2022), peserta Kelas Podcast akan mengulik lebih jauh tentang "Tips dan Trik Menjadi Podcaster Olahraga" yang dibawakan oleh Randy Arbiyantama dan Febri Aryadi (Host podcast Retropus).

"Kegiatan yang juga merupakan rangkaian kedua dari Kelas Podcast Siberkreasi tahun 2022 ini akan berisi materi seputar perkenalan audio podcast dan dasar-dasar pembuatan podcast untuk dunia olahraga serta pengenalan berbagai genre podcast olahraga," kata Samuel.

Para peserta yang mengikuti acara tersebut akan diajak untuk Memahami Etika Podcaster di Dunia Olahraga" pada Kelas Podcast Sesi 3 pada, Sabtu 26 Maret 2022 mendatang. Sesi 4 akan diisi dengan tema "Modal Komentator Olahraga: Boleh Provokatif, Asal tetap Sportif" pada, Minggu 27 Maret 2022.

Sesi 5 dan 6 dari Kelas Podcast untuk tema olahraga ini akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan april, pada tanggal 2 dan 3 April 2022 yang menyajikan materi "Promosi Podcast di Media Sosial" dan "Sudah Siap Menjadi Podcaster Olahraga".

Samuel menerangkan Kelas Podcast ini nantinya akan menyasar sejumlah kalangan konten kreator di bidang olahraga, komunitas, klub, dan seluruh masyarakat.

Terakhir, Samuel mengatakan bagi masyarakat yang ingin mengikuti keseruan acara tersebut bisa langsung kunjungi web ini https://s.id/siniarolahraga dan info.literasidigital.id.



Simak Video "Kominfo Restui Penggunaan 5G dan Izin Stasiun Radio di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT