Brand Fashion Lokal Pakai Teknologi Pengukur Tubuh Otomatis

Brand Fashion Lokal Pakai Teknologi Pengukur Tubuh Otomatis

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 05 Apr 2022 18:23 WIB
Jakarta -

Brand fashion asal Indonesia, Kasual, memperkenalkan teknologi anyar, bertajuk Instant 3D+. Di mana kecanggihannya, bisa mengukur bentuk tubuh secara otomatis.

"Jadi ini pengukuran badan otomatis secara 360 derajat. Kita bisa memastikan badan orang dari ujung kaki hingga kepala dengan 99% akurasi," kata CEO Kasual, Alam Akbar, kepada detikINET di Gedung Trans Media, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2022).

Menurut Alam, kendala setiap orang ketika memilih pakaian, yakni ada pada bagian size (ukuran), di mana mereka tidak mengetahui apakah muat atau tidak. Oleh sebab itu, dirinya menghadirkan teknologi ini, untuk memudahkan masyarakat.

"Jadi dengan hadirnya ini, saat orang masuk dan berdiri satu menit saja di dalam, kita bisa bikin 3D virtual-nya, 3D body-nya atau komposisi badannya seperti apa. Nanti mereka bisa lihat di akun Kasual, lalu bisa menentukan cutting serta bahan yang ingin digunakan," ujar Alam.

Menurutnya, hal tersebut bisa lebih menghemat biaya. Termasuk juga memangkas waktu, agar orang-orang bisa mengetahui bentuk tubuh pribadinya.

Alam juga menyampaikan kecanggihan Instant 3D+, di mana menyisipkan 18 sensor infrared. Sehingga ketika pengguna berdiri di dalam kotak, akan secara otomatis mengambil tampilan tubuh dalam waktu singkat, berkisar hanya 15 detik.

"Kemudian hanya menunggu satu menit lagi, lalu akan terbuat komposisi badannya secara otomatis," ungkap Alam.

Dirinya menjelaskan, bagaimana proses pengambilan ukuran tubuh bisa secepat itu. Menurut pemaparannya, hal tersebut karena mereka memiliki data capture otomatis.

"Jadi teknologi sensornya nembak otomatis dan langsung terhubung ke sistem, lalu terbentuk virtual-nya. Jadi nanti 3D-nya ini create hasil tembakan tubuh tadi, kemudian masuk ke sistem dan terpotret hasil 3D," tegas Alam.

Alam pun mengingatkan bahwa ini bukan menggunakan kamera. Jadi murni memanfaatkan teknologi dari infrared.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa Instant 3D+ ini, hanya untuk mengukur bentuk tubuh saja. Jadi bila pengguna ingin memiliki celana sesuai data tersebut, pembuatannya sendiri berkisar antara 3 hingga 5 hari.

(hps/fay)