Trump Diduga Pakai Burner Phone Saat Kerusuhan Gedung Capitol

Trump Diduga Pakai Burner Phone Saat Kerusuhan Gedung Capitol

ADVERTISEMENT

Trump Diduga Pakai Burner Phone Saat Kerusuhan Gedung Capitol

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 30 Mar 2022 18:10 WIB
Donald Trump kini dijerat kasus pajak usai lolos dari pemakzulan, bagaimana perkembangan penyelidikannya?
Soal Burner Phone yang Diduga Dipakai Trump saat Insiden Gedung Capitol. Foto: BBC World
Jakarta -

Tragedi kerusuhan Gedung Capitol pada 6 Januari 2021 di Amerika, masih dalam penyelidikan. Salah satu hal terbaru adalah mengenai jeda kosong selama 7 jam 37 menit pada log ponsel Donald Trump yang dicurigai segelintir pihak.

Gedung Putih baru-baru ini memberikan data riwayat telepon Donald Trump pada tanggal kejadian riot di Gedung Capitol. Mantan Amerika Serikat ini langsung dicurigai karena tidak biasanya dia meninggalkan ponselnya didiamkan begitu lama, padahal ia disebut-sebut sangat kecanduan HP. Dugaan penggunaan burner phone pun muncul.

Apa itu burner phone? Burner phone adalah HP prabayar yang bisa langsung dihancurkan atau buang. Bisa dibilang, burner phone adalah HP sekali pakai. Burner phone biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin memisahkan kehidupan pribadi dengan profesional, dan biasanya, burner phone dipakai oleh kalangan pebisnis, guru, sampai supir.

Kendati demikian Trump mengaku tidak tahu menahu soal yang dimaksud dengan burner phone.

"Aku tidak tahu apa itu burner phone. Sepanjang pengetahuanku aku tidak pernah dengan istilah itu," katanya dalam sebuah penyataan, sebagaimana mengutip dari Gizmodo, Rabu (30/3/2022).

Meski Trump mengaku tidak tahu soal burner phone, data yang ada soal kebiasaannya bermain HP sangat tidak biasa pada hari kejadian. Donald Trump biasanya sudah aktif melakukan sekitar delapan panggilan di pagi hari. Akan tetapi, pada pukul 11.17 di hari kejadian, ponsel Donald Trump sunyi sampai pukul 18.54 waktu setempat menurut laporan dari mantan reporter Watergate, Bob Woodward dan Robert Costa.

"Dia (Donald Trump) adalah pecandu telepon," ujar Woodward kepada CNN. Woodward melanjutkan agak aneh jika Trump berpikir tidak ada yang perlu dilakukan pada waktu 'menghilangnya' tersebut.

Kesenjangan waktu tersebut pula yang membuat penyelidikan kepada Trump didalami lagi. Antara Trump sedang menggunakan ponsel pribadinya atau memang sedang berkutat dengan burner phone. Yang pasti, ini masih didalami, hanya Donald Trump dan Tuhan yang tahu kebenarannya.



Simak Video "Saat Elon Musk Singgung Donald Trump Pakai Meme Mesum"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT