Media Sosial Donald Trump Meluncur, Pengguna Susah Daftar Akun

Media Sosial Donald Trump Meluncur, Pengguna Susah Daftar Akun

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 22 Feb 2022 14:46 WIB
Truth Social
Media Sosial Donald Trump Meluncur, Pengguna Kesulitan Daftar Akun Foto: Screenshot/detikINET
Jakarta -

Truth Social, media sosial besutan mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, baru saja diluncurkan di Apple App Store. Aplikasi ini sempat memuncaki daftar aplikasi gratis di App Store, tapi pengguna mengaku kesulitan membuat akun baru.

Dari tampilannya, Truth Social terlihat mirip seperti Twitter, platform media sosial favorit Trump sebelum ia dicekal pada awal 2021 setelah dituding menghasut kekerasan setelah penyerbuan Gedung Capitol AS.

Meski sempat menjadi aplikasi nomor satu di daftar aplikasi gratis App Store, sebagian besar pengguna mengeluh tidak bisa mendaftar akun baru di Truth Social.

Pengguna yang sudah mengunduh aplikasi justru mendapatkan pesan error saat mereka mencoba memasukkan tanggal lahir, nomor telepon, atau email saat membuka akun baru. Ada juga yang tidak menerima email verifikasi dan tidak bisa melewati proses verifikasi.

Beberapa pengguna lainnya melaporkan mereka masuk ke daftar tunggu bersama lebih dari 100.000 orang lainnya. "Karena permintaan yang sangat besar, kami telah menempatkan Anda di daftar tunggu kami," kata pesan yang diterima pengguna, beserta jumlah daftar tunggunya.

Jika konten di Twitter dikenal dengan nama tweet, maka di Truth Social postingan disebut 'Truths' yang ditampilkan di 'Truth Feed'. Untuk membagikan Truth yang dilihat ke followers-nya, pengguna bisa menggunakan fitur 'ReTruth', seperti dikutip dari The Verge, Selasa (22/2/2022).

Truth Social jadi comeback besar Trump di ranah media sosial setelah dicekal dari Twitter, Facebook, dan YouTube sejak awal 2021. Aplikasi ini dikembangkan oleh Trump Media and Technology Group (TMTG) yang dipimpin oleh mantan anggota Kongres AS dari Partai Republik Devin Nunes.

Aplikasi ini sudah dalam tahap beta sejak Desember 2021 dengan jumlah pengguna sekitar 500. Nunes mengatakan aplikasi ini akan beroperasi penuh pada akhir Maret 2022.

Saat ini Truth Social hanya tersedia di iOS. Belum diketahui kapan versi Android-nya akan diluncurkan, tapi situs Truth Social mengatakan akan hadir di Google Play Store dalam waktu dekat.



Simak Video "Donald Trump Luncurkan Media Sosial Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)