Google Perbarui Hasil Pencarian Ulasan Produk Jadi Lebih Baik

Google Perbarui Hasil Pencarian Ulasan Produk Jadi Lebih Baik

Josina - detikInet
Senin, 28 Mar 2022 18:52 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Google mengumumkan melakukan beberapa perbaikan terhadap layanan hasil pencariannya untuk menampilkan ulasan produk yang lebih baik di mesin pencariannya.

Gagasan di balik pembaruan ini adalah untuk memastikan bahwa ulasan yang pengguna lihat berkualitas tinggi dan benar-benar menyertakan informasi bermanfaat tentang produk yang mungkin dipertimbangkan untuk dibeli.

"Untuk memastikan bahwa ulasan produk di Search memenuhi kriteria tertentu," kata Perry Liu dari Google, dalam unggahan blog sebagaimana dikutip detiKINET dari The Verge.

Google menjelaskan ulasan yang masuk dalam kriteria pencarian adalah ulasan yang memberikan informasi detail serta bermanfaat seperti kelebihan dan kekurangan produk tersebut, spesifikasi atau perbedaan produk dari versi sebelumnya.

Google juga akan memastikan apakah mereka yang memberikan ulasan tersebut adalah yang benar-benar menggunakan produk tersebut atau tidak. Hal ini bisa dibuktikan dengan menampilkan gambar produk secara fisik atau memberikan informasi bagaimana cara menggunakannya.

Akan lebih baik lagi, apabila ulasan menyertakan informasi unik di luar dari informasi yang disediakan dari pembuat produk tersebut misal seperti visual, video atau dengan menautkan konten lain yang merinci pengalaman si pemberi ulasan.

Berdasarkan laporan perusahaan, pembaruan ini akan mulai diluncurkan selama beberapa minggu ke depan dan akan mempengaruhi ulasan produk berbahasa Inggris di banyak situs. Google juga berencana untuk membuka dukungan ulasan produk untuk lebih banyak bahasa di masa mendatang.



Simak Video "Anak Google di Rusia Terancam Bangkrut"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)