WhatsApp Mulai Rilis Fitur Reaksi Emoji di Android

WhatsApp Mulai Rilis Fitur Reaksi Emoji di Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 23 Mar 2022 20:17 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Mulai Rilis Fitur Reaksi Emoji di Android Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp akhirnya mulai merilis fitur reaksi emoji setelah menghabiskan beberapa bulan dalam fase pengembangan. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi kepada pesan yang diterima dalam bentuk emoji.

Fitur ini mulai digulirkan untuk segelintir beta tester di Android. WABetaInfo melaporkan fitur reaksi emoji ini sudah muncul di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.8.3, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (23/3/2022).

WhatsApp sepertinya merilis fitur ini secara bertahap karena tidak semua beta tester di Android mendapatkan fitur ini di awal. Berdasarkan pantauan detikINET, ada beberapa beta tester yang bahkan sudah mengunduh WhatsApp untuk Android versi 2.22.8.4 tapi masih belum menerima fitur reaksi emoji.

Cara kerja fitur reaksi emoji di WhatsApp masih tidak berubah dari yang pertama kali dilaporkan beberapa bulan yang lalu. Saat mengetuk dan menahan pesan yang diterima, akan ada bagian pop-up yang berisi enam emoji.

Fitur Reaksi Emoji di WhatsAppFitur Reaksi Emoji di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Pengguna bisa memilih salah satu dari enam emoji yang tersedia untuk memberikan reaksi terhadap pesan yang masuk. Keenam emoji itu adalah emoji mengacungkan jempol, hati, menangis, tertawa, wajah terkejut, dan high five/terima kasih/minta maaf.

Selain di Android, WhatsApp juga akan membawa fitur reaksi emoji ke aplikasi iOS dan desktop. Pada awal Januari lalu, WhatsApp beta untuk iOS memiliki toggle pengaturan untuk mengatur 'Reaction Notification', dan pengaturan serupa juga muncul di WhatsApp Desktop versi beta pada bulan ini.

Reaksi emoji memang jadi salah satu fitur yang umum ditemukan di aplikasi messaging, termasuk iMessage, Google Messages, dan Twitter. Facebook Messenger dan Instagram bahkan sudah memiliki fitur ini terlebih dulu ketimbang WhatsApp.



Simak Video "5 Fitur Baru WhatsApp, Salah Satunya Panggilan Sampai 32 Peserta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)